Tahun Depan, Pembangunan Pelabuhan Niaga Pacitan Selesai

oleh -Dibaca 1.883 kali
Salah satu jalur menuju pelabuhan niaga sedang dibangun. (Foto : Doc. Pacitanku)
Salah satu jalur menuju pelabuhan niaga sedang dibangun. (Foto : Doc. Pacitanku)
Salah satu jalur menuju pelabuhan niaga sedang dibangun. (Foto : Doc. Pacitanku)
Salah satu jalur menuju pelabuhan niaga sedang dibangun. (Foto : Doc. Pacitanku)

Pacitanku.com, PACITAN – Setelah dilaksanakan proyek pembangunan pelabuhan yang berlangsung sekitar empat tahun, akhirnya akan selesai pada tahun 2015. pelabuhan yang berfungsi sebagai pelabuhan perintis sebagai jalur distribusi barang dan niaga atau perdagangan di Pantai Gelon, Desa Kembang, Pacitan ini  merupakan proyek dari Kementerian Perhubungan.

Pelabuhan Niaga ini mulai dibangun pada 2011 lalu dengan biaya 45 miliar yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) secara bertahap.

“Sesuai informasi dari pejabat pembuat komitmen (PPK), proyek ini akan selesai tahun depan,” kata Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kabupaten Pacitan Widy Sumardji, seperti dilansir dari Tempo, Rabu (7/5/2014).

Dikatakan Widi, proyek pembangunan pelabuhan perintis ini pada akhir 2013 masih dilakukan pengerasan lahan. Tahun ini proyek pengerasan dilakukan di titik dekat bibir pantai. “Pemerintah daerah tidak terlibat langsung dalam pembangunan. Pemerintah Kabupaten sebatas menyediakan lahan,” ujarnya.

Dalam pembangunan pelabuhan itu, lahan yang telah dibebaskan sekitar 21 hektare. Selain area pelabuhan, lahan tersebut juga dialokasikan untuk akses masuk menuju fasilitas perhubungan laut di sisi tenggara kota. Proses pembangunan jalan didanai dari APBN pada pos Kementerian Pekerjaan Umum.

Akses jalan masuk ke pelabuhan itu sejauh 3,5 kilometer dari akses jalan raya yang masuk Jalur Lintas Selatan (JLS). Sebagian lahan tersebut merupakan kawasan hutan milik Perhutani setempat dan pemerintah kabupaten akan menawarkan tukar guling sebagai lahan pengganti.

Sesuai petunjuk Kementerian Perhubungan, pengelolaan pelabuhan sementara akan ditangani Administrasi Pelabuhan (Adpel) Brondong, Kabupaten Lamongan, yang sudah ada. Kondisi Pantai Gelon dinilai mendukung untuk dijadikan pelabuhan barang dan niaga. Pantai ini berbentuk teluk namun kedalaman air lautnya masih sekitar lima meter dan akan dikeruk hingga 10 meter lebih agar bisa dilalui kapal-kapal berukuran besar.

Pelabuhan barang dan niaga di Pacitan diharapkan bisa menjembatani arus distribusi barang dan niaga di jalur pantai utara dan pantai selatan antara Jawa Timur dan Jawa Tengah. Pelabuhan ini akan semakin melengkapi infrastruktur pelabuhan di Pacitan yang sudah lama memiliki Pelabuhan Perikanan Pantai (PPP) yang berada di Desa Tamperan, Kecamatan Pacitan.

Redaktur : Robby Agustav