Status Gunung Kelud Naik Menjadi Siaga

oleh -1 Dilihat
Gunung Kelud (Foto Antara)
Gunung Kelud (Foto Antara)
Gunung Kelud (Foto Antara)
Gunung Kelud (Foto Antara)

Pacitanku.com, KEDIRI—Aktivitas vulkanik Gunung Kelud di Kediri, Jawa Timur, meningkat. Aktivitas kegempaan vulkanik didominasi oleh gempa vulkanik dangkal dan gempa vulkanik dalam. Data suhu air panas di kawah Gunung Kelud dan pemantauan visual menunjukkan peningkatan.

Dengan kondisi tersebut, terhitung Senin (10/2/2014) pukul 16.00 WIB, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menaikkan status Gunung Kelud menjadi Siaga atau level tiga. Sebelumnya status Gunung Kelud adalah Waspada atau level dua).

Pendaki, wisatawan, dan masyarakat diminta tidak mendekati puncak kawah Gunung Kelud. Kepala PVMBG Hendrasto telah melaporkan perubahan status Gunung Kelud itu kepada Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana Syamsul Muarif.

Dikatakan Hendra, daerah yang berpotensi terlanda letusan Gunung Kelud ada pada kawasan rawan bencana III. Kawasan ini selalu terancam awan panas, gas racun, lahar letusan, dan aliran lava. Kawasan yang berada dalam radius dua kilometer dari pusat erupsi ini juga berpotensi tertimpa lontaran batu (pijar) dan hujan abu lebat. Untungnya, pada radius dua kilometer itu tidak ada permukiman warga.

Sementara pada kawasan rawan bencana II berpotensi terlanda awan panas, aliran lava, dan lahar letusan. Kawasan dalam radius lima kilometer dari pusat erupsi ini juga berpotensi tertimpa lahar hujan dan hujan abu lebat. Di wilayah ini diperkirakan ada sekitar 100 jiwa penduduk. Warga yang berada di kawasan ini diminta selalu waspada dan memerhatikan perkembangan Kelud yang dikeluarkan oleh PVMBG.

Sebelumnya, Deputi Penanganan Darurat BNPB Tri Budiarto telah melakukan koordinasi dengan BPBD Blitar, BPBD Malang, dan Kediri. Itu untuk menyiapkan rencana kontinjensi. BNPB akan melakukan langkah-langkah penanganan lebih lanjut bersama kementerian/lembaga dan pemda. Masyarakat diimbau waspada.

Jika meletus, gunung Kelud akan menyemburkan abu yang cukup luas, daerah yang dilalui Gunung seperti Malang, Blitar dan Kediri akan terjadi hujan abu. Begitu juga dengan daerah di bagian selatan jawa timur, juga diprediksi akan terkena hujan abu, seperti di Madiun, Pacitan dan Ponorogo.

Redaktur : Robby Agustav