Hasil Tes CPNS Kategori Umum Diserahkan Pihak Daerah

oleh -101.027 views
Ilustrasi Tes CPNS (Foto : IST)
Ilustrasi Tes CPNS (Foto : IST)
Ilustrasi Tes CPNS (Foto : IST)
Ilustrasi Tes CPNS (Foto : IST)

Pacitanku.com, JAKARTA—Terkait hasil seleksi CPNS kategori umum, pemerintah pusat akan menyerahkan hasil tes kepada daerah, sehingga daerah lah yang menetapkan keputusannya. Hal itu diungkapkan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara (PAN) dan Reformasi Birokrasi Azwar Abubakar dalam keterangan pers seusai rapat terbatas kabinet, di Kantor Presiden, Jumat (7/2) siang.

Azwar mengungkapkan saat ini ada 1 juta orang yang ikut tes kemampuan umum untuk mengisi 65 ribu posisi yang tersebar di pusat, provinsi, serta kabupaten dan kota. Menurut dia, Pusat hanya menyerahkan hasil tes kemampuan dasar kepada daerah. Sehingga, yang menetapkan keputusan adalah pihak daerah.

“Tes ini sangat fair, diterima banyak pihak. Memang ada sejumlah keluhan di beberapa daerah, putra setempat sedikit sekali yang masuk,” katanya, seperti dilansir dari Suara Merdeka.

Rapat yang dipimpin langsung Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dihadiri Wakil Presiden Boediono dan sejumlah menteri, di antaranya ketiga Menko, Menkumham HAM Amir Syamsuddin, Menkeu Chatib Basri, dan Menteri PPN/Kepala Bappenas Armida Alisjahbana.

Dalam rapat membahas penerimaan CPNS ini, presiden mendengarkan presentasi dari Men PAN. Presiden mengaku mendapat banyak masukan dari masyarakat terkait hal ini. Ada yang puas, ada pula yang tidak puas.

“Kewajiban pemerintah untuk melakukan seleksi dan kemudian pengangkaan PNS baru. Itu sesuai dengan sistem, aturan, dan kebutuhan dari negara dan pemerintah. Sepanjang yang dilakukan sesuai aturan dan kebijakan yang tepat, tentu semua dapat dipertanggung jawabkan,” jelas presiden asal Pacitan ini.

Redaktur : Robby Agustav