Pacitan-Ponorogo Daerah Potensial Longsor Terbanyak Jatim

oleh -13649 views
Longsor di Pacitan
Longsor di Pacitan
Longsor di Pacitan
Longsor di Pacitan

Pacitanku.com, SURABAYA—Musim penghujan pada tahun 2014 ini rawan mengakibatkan beberapa daerah mengalami tanah longsor. Hasil pemetaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Timur menunjukkan, daerah potensial longsor umumnya berada di daerah pegunungan.

Dari data BPBD Jatim, beberapa daerah yang potensial longsor terbanyak adalah di Ponorogo dan Pacitan. Untuk Kabupaten Pacitan, daerah longsor meliputi Kecamatan Nawangan, Bandar, Tegalombo, Ngadirejo, Tulakan, Arjosari, Kebonagung, Pacitan, Pringkuku, Punung, dan Donorojo. Sementara untuk Ponorogo diantaranya adalah Kecamatan Sambit, Sawoo, Ngebel, Ngrayun, Sampung, Soko, Slahung, Bungkal, Badegan, Mlarak, dan Pulung.

“Umumnya tanah longsor karena tanahnya masih gembur dan subur tapi beralih fungsi jadi permukiman,” kata Sudharmawan kepada wartawan, Jumat (17/1/2014) kemarin

Selain dua kabupaten tersebut, beberapa tempat seperti Kecamatan Parang, Panekan, Poncol, Magetan, dan Plaosan di Magetan dan di Kabupaten Madiun Kecamatan Dagangan, Gemarang, dan Wungu juga rawan longsor. Sedangkan di wilayah Trenggalek ada Kecamatan Munjungan, Watulimo, Kampak, Dongko, Panggul, Pule, Karangan, Durenan, Tugu, dan bendungan. Longsor juga kemungkinan terjadi di Ngawi, Lumajang, Bondowoso, dan Sitobondo.

Hujan yang terus terjadi dengan intensitas tinggi diprediksi masih akan terjadi sampai akhir bulan ini hingga pertengahan Februari yang merupaka puncak musim hujan tahun ini.

Redaktur : Robby Agustav