Bencana Alam Tanah Amblas di Arjosari Akibatkan 9 Rumah Rusak Berat

oleh -13581 views
Tanah Amblas (Foto : Detik)
Tanah Amblas (Foto : Detik)
Tanah Amblas (Foto : Detik)
Tanah Amblas (Foto : Detik)

Pacitanku.com, ARJSOARI—Sebuah kawasan permukiman di Dusun Ngasem, Desa Kedungbendo, Kecamatan Arjosari, Pacitan amblas. Runtuhnya lahan tersebut dengan kedalaman 5-7 meter itu mengakibatkan 9 rumah rusak berat. Dua diantaranya rata terbenam ke dalam tanah. Bencana itu juga memaksa belasan kepala keluarga mangungsi.

“Tanah bergerak pelan-pelan. Lama-lama makin keras dan akhirnya amblas,” kata Pujiono (50) pemilik rumah yang rata dengan tanah seperti dikutip detikcom, Jumat (10/1/2013).

Dikatakan Pujiono, pergerakan tanah di pemukiman yang berada di dekat Daerah Aliran Sungai Grindulu sudah terjadi sejak lama. Awalnya hanya berupa retakan kecil. Rekahan itu terus melebar hingga akhirnya berimbas ke seluruh dusun. Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut.

Dalam kejadiannya, saat pergerakan tanah terjadi warga langsung berhamburan keluar rumah. Sebagian lainnya membunyikan tanda bahaya berupa kentongan untuk mengingatkan warga yang masih berada di dalam rumah. “Sebagian hak milik yang bisa dibawa sudah diselamatkan. Tapi masih banyak juga yang ikut tertimbun,” tambah Pujiono yang mengungsi ke rumah anaknya.

Kejadian tersebut memantik perhatian Pemkab Pacitan. Bupati Indartato beserta jajaran meninjau lokasi. Hingga pukul 10.00 WIB, masyarakat dibantu aparat TNI/Polri dan BPBD masih bahu-membahu menyelamatkan harta benda korban yang masih tersisa.”Untuk sementara kita konsentrasi di tanggap darurat bencana. Korban kita bantu sembako dan makanan siap konsumsi,” kata Didit Maryanto, Kepala BPBD Pacitan.

Redaktur : Robby Agustav