Jelang Pemilu, KPU Pacitan Targetkan Partisipasi Pemilih Capai 75 Persen

oleh -13665 views
Ketua KPU Pacitan Damhudi
Ketua KPU Pacitan Damhudi

Pacitanku.com, PACITAN—Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pacitan sebagai lembaga yang bertanggung jawab mensukseskan Pemilihan Umum (Pemilu) 2014 berharap partisipasi masyarakat Pacitan meningkat untuk mengurangi angka golput yang cukup tinggi pada tahun 2009 lalu.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua KPUD Pacitan, Damhudi saat berbincang dengan Portal Pacitanku, Ahad (5/1/2014). Dikatakan salah satu komisioner KPU ini, bahwa dirinya berharap kultur masyarakat Pacitan yang damai, lancar dan aman ini bisa menular saat pesta demokrasi berlangsung pada 9 April mendatang. “Kami harapkan masyarakat juga datang ke TPS untuk memilih calon wakil rakyat mereka dan meminimalisir tingkat Golput di Pacitan,” terangnya.

Lebih lanjut, Damhudi berharap angka golput dapat ditekan semaksimal mungkin, mengingat masyarakat Pacitan sudah dewasa dalam bersikap di alam demokrasi yang kian matang ini. “Target kita tahun 2014 ini partisipasi memilih masyarakat Pacitan mencapai 75 persen,” tandasnya.

Seperti diketahui, angka golput di Pacitan memang tergolong cukup tinggi pada gelaran pemilu 5 tahun lalu. Dari penuturan Damhudi, 29 persen warga Pacitan tidak menggunakan hak pilihnya pada 2009 lalu atau hanya 71 persen yang memilih wakil rakyat di TPS Pacitan.

Laporan Dana Kampanye

Sementara itu, terkait dana laporan kampanye parpol yang sudah diserahkan akhir tahun lalu, Damhudi menyatakan bahwa dana tersebut berasal dari parpol, caloon legislative ataupun pihak terkait yang menyumbang dana kampanye.

“Laporan kampanye itu tak hanya berupa uang, bisa juga barang berupa alat peraga kampanye atau sejenisnya. Dan jadwal pelaporan sendiri terdiri dari tiga periode yang dimulai akhir tahun lalu,” pungkasnya.

Seperti diketahui, dalam pelaporan dana kampanye tersebut, 12 partai sudah melaporkan dengan hasil Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menjadi yang tertinggi dengan nilai 1 milyar, sedangkan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menjadi parpol dengan kampanye yang paling rendah.

Redaktur : Robby Agustav