Warga Pacitan Diminta Waspada Bencana

oleh -13689 views
Longsor di Pacitan (Dok.Pacitanku)
Longsor di Pacitan (Dok.Pacitanku)
Longsor di Pacitan (Dok.Pacitanku)
Longsor di Pacitan (Dok.Pacitanku)

Pacitanku.com, PACITAN—Curah hujan yang terus meninggi di hampir semua wilayah di Pacitan membuat kemungkinan – kemungkinan terjadinya bencana longsor maupun banjir semakin besar. Bahkan di beberapa titik di Pacitan sudah terjadi longsor, seperti di bahu jalan sungai Grindulu, jalur Pacitan-Tegalombo, dan beberapa tempat di Tulakan dan Punung.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, selain upaya yang terus dilakukan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) pacitan, warga Pacitan pun terus diminta untuk selalu waspada akan segala kemungkinan bencana yang terjadi di Pacitan.

“Bencana bisa datang sewaktu-waktu seiring tingginya intensitas curah hujan turun di sejumlah wilayah Kabupaten Pacitan,” terang Indartato, Bupati Pacitan, seperti dilansir dari Radar Madiun Web, Senin (23/12/2013).

Dan sebagai bentuk totalitas Pemerintah Kabupaten Pacitan menanggulangi bencana tahunan, pemerintah tertinggi di Kabupaten Pacitan ini siap menganggarkan dana tak terduga guna mengatasi bencana yang rutin terjadi setiap tahun tersebut. ‘’Dana sudah ada. Yang penting fokus dulu keselamatan warga itu yang terpenting,’’ katanya.

Seperti diketahui, Kabupaten Pacitan memang dikenal sebagai wilayah rawan bencana, terutama bencana longsor dan banjir yang sering terjadi setiap musim penghujan tiba. Beberapa tempat seperti di pegunungan Bandar, tegalombo, dan sepanjang DAS Grindulu memiliki tingkat kerawanan bencana longsor yang cukup tinggi.

Redaktur : Robby Agustav