Bruce Irons, Jagoan Surfing yang Promosikan Ombak Besar Pantai Pacitan

oleh -569 views
Aksi Bruce Irons
Aksi Bruce Irons
Bruce Irons (Sumber Foto : thesurfingblog)
Bruce Irons (Sumber Foto : thesurfingblog)

Pacitanku.com, PACITAN—Siapa sangka, pantai – pantai di kota kecil Pacitan ternyata pernah dikunjungi jawara olahraga pantai paling terkenal sedunia, yakni surfing. Ya, sang jawara surfing internasional asal negeri paman sam, Bruce Irons ternyata pernah berkunjung ke Pantai pacitan, dan bahkan pernah mencoba keganasan ombak – ombak di Pantai Pacitan, utamanya Pantai Watukarung di Pringkuku, akhir tahun 2009 lalu.

Meskipun hanya sekali berkunjung ke Pacitan, Bruce Irons jugalah yang sukses membuat pantai di Pacitan menjadi tenar, pria jangkung inilah yang mempromosikan ganasnya ombak pantai di Pacitan, terutama kepada para penggila olahraga surfing. Berkat Bruce, pantai tersembunyi di ujung selatan Jawa Timur ini kini menjadi ikon baru olahraga surfing dunia.

Saat pria berambut pirang tersebut bermain – main dengan ombak besar, ternyata banyak liputan dari sejumlah media di luar negeri. Bahkan, Bruce menyatakan kekagumannya dan menyebut ombak di Pacitan sebagai surga para peselancar. Dan semenjak itu pulalah Pantai Watukarung dikenal banyak orang. Pesona ombaknya disetarakan dengan pantai Hawaii yang selama ini menjadi kiblat para peselancar kelas wahid.

Majalah Waves pernah memuat foto Bruce (Foto transworld)
Majalah Waves pernah memuat foto Bruce (Foto transworld)

Bahkan, salah satu majalah terkemuka di dunia, yakni majalah Waves, pernah menjadikan aksi Bruce Irons di Pantai Watukarung sebagai cover depan majalah yang banyak menjadi rujukan para peselancar dunia. Aksi itu dilakukan dengan latar belakang Pulau Sirondo di Watukarung. Bruce mampu melayang di atas gulungan ombak setinggi empat meter. Aksinya banyak mengundang decak kagum para peselancar yang kemudian berbondong – bondong mencoba tantangan ombak besar Pantai Watukarung.

Irons sukses menaklukkan ombak Watukarung lantaran diajak peselancar top Indonesia Rizal Tanjung. Bruce Irons, sendiri pernah menyabet juara dunia, Rip Curl Pro Search 2008. Sementara Rizal Tanjung sendiri merupakan peselancar papan atas nasional, sekaligus menantu Mr Gerberroman, salah satu investor yang membangun rumah limasan di kawasan Pantai Watukarung.

Redaktur : Robby Agustav