Duh, Foto Syur SMK Donorojo Beredar Luas

oleh -6 Dilihat
Foto Syur SIswi
Foto Syur SIswi
Foto Syur SIswi
Foto Syur SIswi

Pacitanku.com, DONOROJO – Kalangan pelajar di Kabupaten Pacitan heboh dengan beredarnya foto syur yang melibatkan Dn, siswi salah satu sekolah menengah kejuruan negeri (SMKN) di Kecamatan Donorojo melalui handphone (HP). ‘’Beredarnya sudah sejak seminggu lalu, dan akhirnya ada guru yang tahu terus anaknya dipanggil,’’ ungkap salah seorang siswa SMKN tersebut seperti dikutip dari Jawa Pos Radar Pacitan, kemarin (8/11).

Dalam foto itu, terlihat Dn hanya mengenakan celana dalam, bra dan kaos singlet. Rambuat panjang Dn juga dibiarkan terurai. Diperkirakan foto itu diambil di salah satu ladang, atau area persawahan. Itu terlihat dari latar belakang foto merupakan tebing dan semak belukar. Dalam foto tersebut, Dn berpose laiknya model majalah dewasa. Dengan tangan kanan memegang kaos yang digulung kebagian dada, dan tangan kiri memegang celana dalam. ‘’Tidak tahu awalnya bagaimana, tiba-tiba fotonya beredar luas. Dan katanya sih untuk dokumen pribadi,’’ jelasnya.

Siswa pria yang mewanti-wanti agar namanya tidak dikorankan itu mengatakan, kejadian itu berawal dari keinginan Dn dan temannya (belum diketahui pacarnya atau bukan, Red) mengambil fotonya yang hanya mengenakan pakaian dalam. Tanpa alasan yang jelas, tiba-tiba foto itu beredar luas antar-HP siswa lainnya. ‘’Sudah nyebar kesemua siswa. Tapi takut dikait-kaitkan jadi banyak yang pura-pura tidak tahu,’’ tuturnya.

Sementara saat dikonfirmasi terpisah, kepala SMKN asal siswi tersebut, Joko Surjono menjelaskan, kejadian itu sudah di luar kemampuan sekolah. Lantaran, selama ini pihaknya sudah memberikan berbagai pelajaran agama serta pendidikan karakter baik formal dan informal kepada seluruh siswanya. Seperti setiap usai upacara Hari Senin, Joko mengaku seringkali memberikan nasehat agar siswanya selalu bersikap positif dan belajar dengan maksimal. ‘’Kemajuan teknologi informasi, dan rasa keingintahuan siswa yang tinggi bisa jadi membuat siswa ingin mencoba hal baru,’’ kilahnya.

Joko menambahkan jika foto syur yang melibatkan siswinya itu diambil oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Saat itu, siswi yang dikenal pendiam itu sedang mandi di tempat yang sedikit terbuka lantaran air di rumahnya mati. Saat mandi itulah, foto itu diambil dan disebarluaskan ke rekan-rekan sekolahnya. ‘’Anaknya juga sempat menangis saat kami tanya, karena tidak tahu kalau foto dirinya diambil,’’ imbuhnya.

Atas kejadian itu, dia dan wakil kepala sekolah serta guru sudah menggelar rapat koordinasi untuk menyikapi kejadian itu. Dalam waktu dekat pihaknya akan memanggil orang tua siswa untuk diberikan pengarahan serta pembinaan. ‘’Siswanya sudah kami panggil, dan saya juga sudah rapat dengan wakasek,’’ jelasnya.

Terkait apakah akan sanksi untuk Dn, Joko masih belum bisa memastikan kebijakan itu. Karena sebagai kepala sekolah, Joko mengaku dilematis. Lantaran di sisi lain foto siswinya yang beredar luas itu sudah melanggar tata tertib sekolah. Namun di sisi lain, jika dikeluarkan hal itu akan berimbas pada keberlangsungan pendidikan siswi tersebut. ‘’Kami sangat dilematis, dan kami akan berkoordinasi dengan kepala dinas pendidikan sebagai atasan kami,’’ tegasnya.

Redaktur : @RobbyagustavSumber : Radarmadiun.info