MoU Pengelolaan Teleng Ria Tersendat

oleh -131.470 views
Teleng Ria
Teleng Ria
Teleng Ria
Teleng Ria

Pacitanku.com, PACITAN—Harapan pemkab Pacitan untuk segera menyelesaikan masalah pengelolaan Pantai Teleng Ria agaknya tersendat. Jika sebelumnya pemkab sudah menyiapkan nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) dengan PT El John Tirta Emas Wisata selaku pemenang tender, kini belum juga terwujud.

Hal itu yang membuat MoU tersebut belum juga ditandatangani kedua pihak. ‘’Memang sudah menang lelang (PT El John Tirta Emas Wisata). Tapi belum bisa dipastikan kapan MoU-nya ditandatangani,’’ kata Mulyono, sekretaris daerah (sekda) Kabupaten Pacitan, seperti dikutip dari radar madiun, Selasa (15/10) lalu.

Namun, mengisyaratkan, proses kerjasama tersebut akan segera dilakukan. Terpatnya pasca kunjungan kerja Presiden Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ke Pacitan mulai kemarin.

Hal tersebut bisa dimaklumi karena sebagian besar pejabat pemkab ikut terlibat dalam kegiatan RI 1 (sebutan presiden) selama melakukan kunjungan kerja di beberapa lokasi di Pacitan. Setelah itu, pemkab memastikan akan segera mengadakan pertemuan dengan pihak pemenang tender untuk melakukan penandatangan MoU tersebut. ‘’Dalam waktu dekat ini setelah kedatangan presiden, proses (penandatanganan MoU) tersebut akan kami lakukan,’’ jelas Mulyono.

Menurut Mulyono, penandatanganan nota kesepahaman tersebut merupakan tahap akhir proses mencari dan menentapkan pengelolaan pantai Teleng Ria. Setelah itu, pengelolaan pantai yang terletak di Kelurahan Sidoharjo, Kecamatan Pacitan tersebut seluruhnya akan menjadi kewenangan PT El John Tirta Emas Wisata. Tentu saja, harus sesuai ketentuan yang telah disepakati bersama antara kedua belah pihak seperti aturan pengelolaan dan lain sebagainya. ‘’Tinggal penandatanganan saja, jadi tidak terlalu berbelit,’’ terangnya.

Sementara itu, kemarin beberapa pekerja sudah mulai beraktivitas di kawasan Pantai Teleng Ria. Di antaranya, membersihkan sebagian kawasan yang terdapat banyak tumpukan sampah. Manager operasional PT El John Tirta Emas Wisata, Rimbono mengatakan, pihaknya juga akan merenovasi sejumlah wahana bermain yang berada di kawasan kolam renang.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, pemenang tender nantinya harus mematuhi kesepakatan yang tertera dalam nota kesepahaman. Seperti pembayaran kontribusi tetap ke pemkab sebesar Rp 350 juta setiap tahunya. Selain itu, pelaksanaan investasi senilai Rp 15 miliar dalam bentuk fisik, serta dioptmimalkan penyerapan tenaga kerja dari warga sekitar pantai Teleng Ria.

Sumber : radar Madiun

Foto : Dok Pacitanku