JLS Pacitan, Jalan Surga Pacitan (1)

oleh -13785 views
JLS dari atas Pantai Soge
JLS dari atas Pantai Soge

Pacitanku.co, PACITAN—Rabu, (25/9) akhir pekan lalu, tim redaksi Pacitanku.com berkesempatan berkeliling menikmati suasana sore di Jalur Lintas Selatan (JLS) Pacitan. Setelah diresmikan oleh menteri Pekerjaan Umum beberapa waktu lalu, JLS Pacitan seakan menjadi surga baru di Pacitan. Mulai dari obyek wisatanya sampai ekonominya pelan – pelan terangkat dengan keberadaan JLS yang menghubungkan lima kecamatan di Pacitan ini, yakni Pacitan, Kebonagung, Tulakan, Ngadirojo  dan Sudimoro.

Keberadaan JLS ini menjadi destinasi baru wisata di Pacitan, ya karena sepanjang jalur ini, banyak obyek wisata alam di Pacitan yang

Salah satu Jalur JLS
Salah satu Jalur JLS

menawarkan sensasi tersendiri di setiap obyek wisatanya. Dari kebonagung ada Pantai Wawaran dan Pantai Kali Uluh. Khusus di dua pantai ini, yakni Wawaran dan Kali Uluh, selain panorama pantai yang elok, kita juga disuguhi banyaknya potensi ikan di Pantai Wawaran.

Berlanjut ke Kecamatan Tulakan kita akan dimanjakan dengan pemandangan khas Pantai Pidakan dengan kerikilnya yang mempesona. Untuk diketahui, Pantai Pidakan ini adalah satu – satunya Pantai di Kecamatan Tulakan dan Pacitan yang berbeda dengan pantai lainnya di Pacitan, yakni panorama kerikilnya yang banyak ditemui di Pantai.

Setelah puas menyusuri Pantai Pidakan, obyek wisata lain yang harus dikunjungi karena keelokannya adalah Kompleks Pantai Soge di Sidomulyo, Pantai Tawang, dan pantai Taman. Ketiga pantai tersebut berada di Kecamatan Ngadirojo dan menjadi obyek wisata unggulan di kawasan JLS Pacitan.

Di mulai dari Pantai Soge, pantai ini memiliki panorama sangat elok, hampir mirip dengan salah satu tempat di Australia. Jalur utama JLS berada tepat di samping Pantai Soge sehingga tempat ini menjadi referensi wisata laut yang wajib dikunjungi. Selain panorama lautnya yang elok, di Pantai ini juga ada jembatan Soge yang dibangun cukup apik, sehingga menjadi referensi tempat nongkrong di sore hari yang pas. Ditambah lagi banyak pedagang penduduk lokal yang memanfaatkan keberadaan Pantai Soge untuk mencari mata pencaharian. Sehingga bisa dikatakan, Pantai Soge menjadi daya  tarik tersendiri bagi Pacitan dan Indonesia.

Setelah Pantai Soge, kita akan menuju Pantai Tawang. Di Pantai Tawang ini memang hanya sebuah pantai segara anakan, sehingga ombak di

JLS Pacitan dekat Laut Taman
JLS Pacitan dekat Laut Taman

Pantai ini tak terlalu besar. Yang menjadi ciri khas Pantai ini adalah pasar ikan, sehingga banyak macam dan jenis ikan yang dijual disini. Jadi kalau mau menginap disini, ada tambahan fasilitas yakni berupa bakaran ikan. Di Pantai Tawang ini juga dikelola sebuah Tempat Pengelolaan Ikan (TPI) Tawang.

Satu pantai di Kecamatan Ngadirojo yang lainnya adalah Pantai Taman, berada di Desa Hadiwarno Ngadirojo. Pantai Taman ini juga salah satu wisata unggulan di Pacitan. Yang terbaru, di Pantai Taman ada taman wisata Pendidikan, yang meliputi arena flyng fox, konservasi Penyu, wisata Pantai, dan juga arena outbond.

Khusus untuk Flyng fox, kita bisa memacu adrenalin kita dengan mencoba wahana flyng fox terpanjang di Indonesia yang dibuat oleh Tim Pemberdayaan Kampus UMM bersama Pemerintah setempat. Selain flyng fox, di pantai yang memiliki Palung laut yang dalam ini juga ada pelestarian penyu.

Selain beberapa obyek wisata di tiga kecamatan tersebut, yakni Kebonagung, Tulakan dan Ngadirojo, pesona JLS Pacitan juga masih bisa dinikmati di Kecamatan Sudimoro, dan akan dibahas dalam edisi Pacitan Trip selanjutnya.

Redaktur/Foto : Dwi Purnawan

Jembatan Soge
Jembatan Soge