Jebret, Garuda Muda Rengkuh Juara AFF-19

oleh -13548 views

Pacitanku.com, SIDOARJO—Garuda Muda Usia 19 yang bermain dalam kompetisi Piala AFF U 19 akhirnya berhasil keluar sebagai yang terbaik setelah berhasil mengalahkan Vietnam melalui drama adu penalti. Dalam final yang berlangsung di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, Jawa Timur, Ahad (22/9), Garuda Muda menaklukkan Vietnam lewat adu penalti. Penalti tersebut dilakukan setelah kedua tim bermain imbang 0-0 selama 120 menit.

Di babak pertama, Vietnam lebih dominan menguasai jalannya pertandingan. Banyak peluang emas yang tercipta. Namun, penampilan kedua penjaga gawang sangat baik. Kiper Garuda Muda yang merupakan alumni SSB Tugu Muda Semarang, Ravi Murdianto bermain brilian di laga ini. Beberapa kali Ravi menyelamatkan gawangnya dari kebobolan setelah berkali – kali ditekan oleh tim tamu.

Menit 27 Ravi Murdianto menggagalkan tembakan pemain Vietnam dari jarak dekat. Mendapat bola di sisi kanan pertahanan, Nguyen Van Toang melepaskan sepakan keras tapi Ravi dengan sigap menepis bola itu.

Buruknya pertahanan Indonesia membuat Nguyen Chong Puong di menit 36 dengan mudah menguasai bola di sisi kiri dan melepaskan tembakan ke tiang dekat kiper. Tapi Ravi dengan sigap menepis bola tersebut. Sebelum itu Indonesia mendapat peluang lewat Evan Dimas. Sayangnya bola terlalu deras dan lebih cepat digapai kiper Vietnam, sebelum Dimas mampu mengeksekusinya. Skor sama kuat hingga jeda.

Di babak kedua, kedua tim masih jual beli serangan. Dan emski terus digempur oleh para pemain sayap Vietnam, anak asuh Indra Sjafriel tampil trengginas. Beberapa kali peluang pemain Vietnam berhasil dimentahkan oleh berisan gelandang yang dikomando  oleh sang kapten Evan Dimas.

Laga babak kedua pun berjalan alot dan berakhir tanpa gol, sehingga pertandingan harus dilanjutkan melalui babak perpanjangan. Di babak perpanjangan, kedua tim juga gagal menjebol gawang lawan masing- masing.

Tercatat, beberapa peluang Indonesia mendapat peluang di menit 100 dari tembakan voli Evan Dimas dari luar kotak penalti, tapi bola masih tepat di tangkapan kiper Vietnam. Vietnam juga nyaris membobol gawang Indonesia di menit 114 memanfaatkan kelengahan di pertahanan tuan rumah. Beruntung bola yang mengarah ke gawang mampu dihadang bek Indonesia.

Menit 116 tembakan Maldini masih tepat di tangkapan Van Truong. Begitu pula di menit 118 saat Dimas Drajad mendapatkan bola di kotak penalti namun dengan cepat bek Vietnam memotong bola tersebut.

Karena tak ada gol yang tercipta, pertandingan pun dilanjutkan ke adu penalti. Di babak tos-tosan, Garuda Muda menang dengan skor 7-6.

Di babak tos – tosan, dari sembilan penendang penalti Indonesia, hanya ada dua yang gagal yakni Evan Dimas dan Zulfiandi. Selebihnya yakni Fatchurohman, Dimas Drajad, Hendra Sadi, Hansamu Yama Pranata, Putu Gede, Maldini dan Ilham Udin berhasil melaksanakan tugasnya dengan sempurna. Alhasil, Indonesia pun menjadi kampiun Piala AFF.

Bagi Indonesia ini adalah gelar pertama mereka di turnamen ini di penampilan pertama di partai puncak. Gelar terbanyak masih dimiliki Thailand dan Australia dengan masing-masing tiga gelar.Jebret.

Line Up Indonesia vs Vietnam :

Indonesia: Ravi Murdianto, Hansamu Yama Pranata, M Sahrul Kurniawan, Putu Gede Juni Antara, M Fatchurohman, Hargianto (Hendra Sadi 60′), Zulfiandi, Evan Dimas, Ilham Udin Armaiyn, Dinan Javier (Maldini 38′), Muchlis Hadi Ning Syaifulloh

Vietnam: Truong, Song, Dong Trieu, Van Khanh, Nguyen Phong, Nguyen Anh, Duc Huy,Van Tanh, Xuan Troang, Nguyen C Phuong, Nguyen Van Toan

Reporter : @dwi_itudua

Foto : ANTARA