Konservasi Penyu Taman Diharap Mampu Dorong Ekowisata Pacitan

oleh -600 views
Kawasan Konservasi Penyu
Kawasan Konservasi Penyu

Pacitanku.com, NGADIROJO—Kawasan konservasi penyu dan Flyng Fox terpanjang di Indonesia akhirnya di resmikan oleh Bupati Pacitan, Indartato, Senin (9/9) lalu bertepatan dengan peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas).

Dalam peresmian yang dihadiri tak kurang dari tiga ribu massa tersebut, diharapkan mampu memberikan manfaat sebesar – besarnya, tentu selain manfaat pelestarian penyu, juga mampu menggerakkan ekowisata dan perekonomian masyarakat sekitar.

Kawasan konservasi penyu dan Flying Fox Terpanjang Nasional di Pacitan yang memiliki panjang 415 meter tersebut adalah hasil kerja sama antara TEB-Malang dan tim wisata kampus PSLK Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).

Pantai Taman sendiri memiliki pemandangan pantai yang memesona. Bukan hanya menyuguhkan keindahan alam, pantai dengan ombak landai itu kedepan juga diproyeksikan menjadi kawasan wisata pendidikan serta minat khusus.

Konservasi penyu tersebut dilakukan sebagai upaya untuk melestarikan penyu belimbing, salah satu habitat yang keberadaannya sudah semakin langka. Dan hingga berita ini diturunkan, sudah ratusan telur ditetaskan dan menghasilklan tukik untuk selanjutnya dilepas ke laut.

Selain penyu, kawasan pantai taman juga memiliki fasilitas wisata minat khusus. Bersama dengan mahasiswa UMM pula telah berdiri arena olah raga Fliying fox di pnggir pantai. Dengan panorama yang eksotis wisatawan dapat menguji adrenalin  melayang menggunakan tali dari ketinggian. Bahkan arena ini diklaim yang terpanjang di Indonesia yakni sepanjang 415 meter.

Redaktur : Dwi Purnawan (@dwi_itudua)

Foto : Wisata Kampus PLSK UMM

Peresmian Flyng Fox Oleh Bupati
Peresmian Flyng Fox Oleh Bupati