JLS Diresmikan, Pacitan Memiliki Destinasi Wisata Baru

oleh -572 views
Jalur Lintas Selatan Pacitan yang membelah gunung foto by Dwi Tajuk
Jalur Lintas Selatan Pacitan yang membelah gunung foto by Dwi Tajuk

Pacitanku.com, PACITAN—Infrastuktur menjadi syarat penting guna mendorong perkembangan suatu wilayah. Untuk itu, menjadi komitmen pemerintah terus mendukung pembangunan sarana dan prasarana itu, guna mendorong pertumbuhan ekonomi serta peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Demikian diungkapkan Menteri Pekerjaan Umum (PU) RI Djoko Kirmanto saat meresmikan jalan lintas selatan (JLS) Pacitan-Sidomulyo di Pacitan, Kamis (22/8). Dengan telah terbukanya jalurselatan ini lanjut Menteri, diharapkan dapat mendukung pertumbuhan ekonomi, meningkatkan kesejahteraan dan pemerataan pembangunan wilayah di Jawa Timur.

Tahun ini, kementerian PU telah mengalokasikan dana untuk penanganan infrastruktur PU di Jawa Timur sebesar Rp.2,9 triliun. Dana tersebut digunakan untuk program penyelenggaraan jalan nasional dan pengelolaan sumber daya air. Sedangkan 2014 alokasi dana naik menjadi Rp.2,95 triliun.

Jalan lintas selatan (JLS) Pacitan-Sidomulyo sepanjang 30,91 kilometer, dibangun selama empat tahun dengan menelan anggaran APBN senilai Rp.380,99 milyar. Jalan berkelok dengan pemandangan pantai nan eksotis itu juga dilengkapi dengan sembilan jembatan dengan total panjang  510 meter.

Keberadaan jalur lintas selatan (JLS) benar-benar berkah bagi masyarakat Pacitan. Jalur lintas kabupaten itu bukan hanya menjadi ikon baru bagi kota wisata ini namun juga membuka keterisolasian sebagai kabupaten terpencil. Hal itu disampaikan bupati Indartato saat mendampingi menteri Djoko Kirmanto. Saat ini tersisa kurang lebih 4,5 kilometer plus satu jembatan yang melintas kawasan Pacitan kota.

Selain JLS infrastruktur lain yang juga diresmikan menteri PU adalah prasarana air bersih sumber air Maron yang berlokasi di desa Sugihwaras Kecamatan Pringkuku. Kementerian PU mengalokasikan anggaran Rp.21,06 milyar guna pembangunan instalasi pengolahan air minum (IPA) dengan kapasitas 50 liter per detik.

Redaktur : Panji Munir

Foto : Dwi Purnawan

Sumber : pacitankab.go.id