Faktor Urbanisasi, Penduduk di Pacitan Berkurang Pasca Lebaran

oleh -661 views
urbansiasi
urbansiasi

Pacitanku.com, PACITAN–Jumlah penduduk Pacitan diprediksi berkurang pasca Lebaran kali ini. Sebab, fenomena urbanisasi masih menjadi tradisi. Hanya saja, pihak Dinsosnakertrans setempat tidak mengetahui secara riil jumlah warganya yang pergi ke luar daerah.

“Mobilitas penduduk tetap ada. Tapi, kami tidak bisa mendeteksi jumlahnya,” kata Kabid Penempatan Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Dinsosnakertrans, Witjaksono Mahargo, Sabtu (17/8).

Ketidaktahuan itu, karena kepergian warga ke luar kota tanpa melibatkan Dinsosnakertrans. Mereka berangkat secara pribadi. Mayoritas karena mengikuti jejak keluarganya yang lebih dulu merantau. Karena itu Witjak menilai, pekerjaan yang dilakoni warga urban itu di jalur informal. Misalnya, pembantu rumah tangga, pedagang makanan, dan kuli bangunan.

Jalur pekerjaan seperti itu memang tidak perlu ada pemberitahuan ke Dinsosnakertrans. Apalagi, persyaratannya tanpa membutuhkan kartu kuning alias pendaftar pencari kerja. Maka, menurutnya, mereka yang menjalankan urbanisasi itu rata-rata sudah kepepet dari sisi kesempatan bekerja. “Usianya sudah di atas 30-an dan kemungkinan juga memiliki tanggungan keluarga,” tandasnya.

Redaktur : Panji Munir

Sumber : Lensa Indonesia