Pemerintah Janji Normalisasi Sungai di Jakarta

oleh -131.060 views
Seorang pria berjalan diatas bendungan Katulampa setelah hujan reda di Katulampa, Bogor, Jabar, Selasa (25/11)
Seorang pria berjalan diatas bendungan Katulampa setelah hujan reda di Katulampa, Bogor, Jabar, Selasa (25/11)

Pacitanku.com , JAKARTA—Pemerintah pusat berjanji akan menormalisasi sejumlah sungai di Jakarta dengan cara melakukan pengerukan untuk mengantisipasi banjir kiriman dari Bogor.

Hal tersebut disampaikan oleh Wakil Menteri Pekerjaan Umum, Hermanto Dardak. “Terutama Otista 2 dan Manggarai, penambahan kapasitas dan pengerukan akan dilakukan tahun ini,” ucap Hermanto di Kalibata, Jakarta, Rabu, (14/8).

Rencananya, selain pengerukan, bila batas air sudah tinggi, maka airnya langsung dibuang. Menurutnya, tempat lain yang akan mendapat giliran pengerukan yaitu Kali Pesanggrahan, Angke, Sunter, dan Manggarai. Dengan begitu, dia berharap kapasitas sungai terpenuhi.

Seperti diketahui, sebelumnya Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo mengatakan salah satu solusi banjir di Jakarta yang bisa dilakukan saat ini adalah dengan melakukan normalisasi sungai. Namun menurutnya, hal ini tidak akan terlalu berdampak bila di hulu (Bogor) tidak dilakukan penghijauan dan penataan kawasan.

“Untuk itu, diperlukan kerjasama antara Pemerintah DKI Jakarta dengan Pemerintah Kabupaten Bogor dan Kota Bogor serta pemerintah pusat,” kata Jokowi.