Olahraga Cara Efektif Hilangkan Depresi

oleh -0 Dilihat

Pacitanku.com—Kerjaan yang padat di kantor kadang membuat pikiran menjadi penat sehingga berujung stress. Dan yang berbahaya adalah jika stress akibat pekerjaan di kantor ini berujung depresi.

Salah satu cara efektif untuk menghilangkan depresi dan membuat pikiran menjadi fresh kembali adalah melakukan olahraga, terutama yang menjadi minat dan bakatnya. Misalnya seorang yang hobi tenis lapangan, lalu ia depresi saat berada di kantor karena masalah pekerjaan, maka hal tersebut dapat dihilangkan dengan memukul bola di lapangan tenis. Dengan cara seperti ini depresi dan stress dapat dihindari.

Menurut penelitian terbaru yang dilakukan Universitas Edinburgh menemukan, olahraga mampu secara efektif mengurangi ketegangan dalam pikiran yang menjadi gejala dari depresi. Demikian dikutip dari Huffington Post.  Tim peneliti melakukan kajian terhadap 39 studi yang telah dilakukan sebelumnya.

Penelitian tersebut dianalisa berkaitan dengan depresi dan olahraga. Total responden yang terlibat sebanyak 2.326 orang yang mengalami depresi. Hasilnya menunjukkan bahwa olahraga secara rutin memberikan manfaat dalam menangani gejala depresi.

 “Kita tidak bisa mengatakan dari bukti saat ini yang ada bahwa berolahraga adalah yang paling efektif, atau apakah manfaat akan berlanjut setelah pasien berhenti berolahraga,” kata peneliti Gillian Mead, dari Centre for Clinical Brain Sciences, Universitas Edinburgh.

Berolahraga adalah salah satu aktivitas yang terbukti mampu sebagai obat antidepresi alami tanpa perlu minum obat-obatan. Peneliti meyakini olahraga memberikan banyak manfaat bagi tubuh. Termasuk di antaranya, berolahraga secara postif mempengaruhi kerja otak dengan banyak cara. Salah satunya bisa meredam gejala depresi dan memunculkan mood yang lebih baik.

Jika anda stress, segera lakukan aktivitas olahraga, maka olahraga tersebut bisa menghilangkan rasa stress dan depresi anda.

Redaktur: Robby