Kasus DBD di Ngadirojo Meningkat, Dinkes Gencarkan PSN Serentak dan Fogging

oleh -208 Dilihat
Kasus DBD di Ngadirojo Meningkat, Dinkes Gencarkan PSN Serentak dan Fogging. (Foto: Sudarsono)

Pacitanku.com, NGADIROJO – Angka penambahan kasus demam berdarah dengue (DBD) di Kecamatan Ngadirojo mengalami peningkatan pada bulan Juni 2024.

Atas kondisi itu, Dinas Kesehatan (Dinkes) melalui unit pelayanan teknis (UPT) Pusat Kesehatan masyarakat (Puskesmas) Ngadirojo menggelar pemberantasan sarang nyamuk (PSN) serentak dan fogging di sejumlah titik.

Kepala UPT Puskesmas Ngadirojo, dr. Rini Endrawati saat dikonfirmasi Pacitanku.com, Sabtu (22/6/2024) di Ngadirojo menuturkan ada kenaikan kasus DBD di Pacitan pada bulan Juni 2024 setelah bulan sebelumnya landai.

“Setelah pada bulan Januari-Mei itu kondisi kasus DBD itu landai, yakni antara 1-2 kasus, namun pada bulan Juni ini ada kenaikan kasus, tepatnya pekan kedua itu ada penambahan kasus DBD, terutama di Desa Hadiwarno,”kata dr Rini.

Kasus DBD di Hadiwarno, kata dr Rini, berada dalam satu tempat dan terlokalisir, sehingga jajarannya bergerak cepat dengan melakukan daya upaya, seperti pemberantasan sarang nyamuk (PSN) serentak dan juga fogging atau pengasapan.

Upaya lain yang dilakukan, kata dr Rini, pihaknya sudah berkoordinasi dengan camat dan kepala desa se-Ngadirojo agar dilakukan PSN serentak, rutin dan terjadwal.

“Kami bergerak cepat, karena di minggu ini (kasus DBD) agak meningkat, kita koordinasi lintas sektor pada minggu ini dan minggu depan kita lakukan PSN serentak, PSN serentak ini sudah kita sampaikan ke masyarakat,”jelas dia.

PSN serentak atau PSN Plus itu, kata dr Rini, dilakukan seminggu sekali dengan cara yang benar, yakni menguras bak mandi dan penampungan air, menimbun barang bekas yang tidak terpakai atau mendaur ulang bahan bekas.

Kemudian juga, kata dr Rini, bersih-bersih sekitar rumah yang memungkinkan untuk tempat penampungan air dan tempat bertelurnya nyamuk aedes aygepti penyebab DBD.

Terkait pelaksanaan fogging, kata dia, diakibatkan karena dalam satu lingkungan ada penderita kemudian tetangga dalam radius 100 meter juga mengalami demam dan ditemukan jentik nyamuk, maka pihaknya melakukan fogging.

“Kebetulan di Puskesmas Ngadirojo ada alat fogging, sehingga kita lakukan fogging di kawasan tersebut,”tandas dia.

Terpisah, Kades Hadiwarno Mulyono mengatakan fogging untuk memberantas sarang nyamuk difokuskan di dua RT di kawasan itu.

“Untuk fogging pertama pada tanggal 6 Maret dan kedua pada Jumat 21 Juni 2024 telah melaksanakan fogging di RT 02 Pucungkulon dan juga di dusun Bondalem ada 2 RT,”katanya.

No More Posts Available.

No more pages to load.