Hari Lingkungan Hidup, Pemkab Pacitan Gelar Aksi Bersih Sampah Sepanjang Pantai Pancer Dorr

oleh -254 Dilihat
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pacitan menggelar aksi bersih sampah sepanjang pantai Pancer Door dengan tajuk “Resik Pesisir” dalam rangka peringatan hari Lingkungan Hidup sedunia tahun 2024. (Foto: Sulthan Shalahuddin/Pacitanku)

Pacitanku.com, PACITAN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pacitan menggelar aksi bersih sampah sepanjang pantai Pancer Door dengan tajuk “Resik Pesisir” dalam rangka peringatan hari lingkungan hidup sedunia tahun 2024 ini.

Kegiatan yang digelar pada Selasa (11/6/2024) itu melibatkan seluruh OPD, TNI, Polri, Karyawan Swasta dan seluruh elemen organisasi masyarakat peduli lingkungan serta didukung para CSR. Kegiatan itu juga berkolaborasi dengan Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Timur.

Dalam aksi kolaborasi Bersih Pesisir Pantai Pancer Door ini, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Pemprov Jatim, Jempin Marbun, ikut hadir secara langsung bersama rombongan, Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji, diikuti seluruh Forkopimda dan seluruh staf OPD se-Kabupaten Pacitan, serta rombongan peserta undangan secara bersama-sama membersihkan area Pantai Pancer Dorr.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Jatim, Jempin Marbun menyampaikan bahwa di Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2024 ini, Pemprov Jatim melaksanakan kegiatan bersih-bersih pantai di seluruh Jawa Timur.

“Aksi bersih pesisir pantai Pancer Dorrr Pacitan ini sebenarnya merupakan bagian dari peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang digelar secara serentak se Provinsi,”katanya.

Selain itu, kata Jempin, kegiatan ini juga sebagai upaya lanjutan dari keterlibatan Indonesia untuk menyongsong Net Zero Emission 2050 sesuai konvensi Paris.

“Selain bersih pantai, aksi lain yang dilakukan diantaranya adalah penanaman pohon di sepanjang pesisir pantai Kabupaten Banyuwangi dan di Kabupaten Pacitan,”jelas dia.

Ia menambahkan, gelar bersih pantai ini adalah kegiatan kolaborasi antara Pemprov, Pemda, badan usaha, dan elemen masyarakat.

Pada saat acara bersih pantai berlangsung, Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji mengatakan, Permasalahan sampah sangatlah penting bahkan mulai tingkatan keluarga, yang apabila semua sangat peduli dan sadar, lambat laun akan membuat lingkungan jadi bersih dan sehat.

”Maka dari itu, di Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2024 ini kami Pemkab Pacitan bersama DLH Provinsi Jawa Timur serta masyarakat Pacitan bersama-sama mengelar aksi bersih pesisir pantai Pancer Dorr,”jelas Bupati.

“Sekaligus memberikan kesadaran bagi pengunjung dan masyarakat terkait pentingnya mengelola sampah dalam kehidupan kita sehari-hari,”imbuhnya.

Gerakan kolaborasi bersih pesisir pantai dilaksanakan dengan melakukan pemungutan sampah yang ada di sepanjang pantai Pancer Dorr.

Usai dipungut sampah dipilah sesuai jenisnya. Untuk sampah organik langsung ditimbun dan untuk anorganik dikumpulkan untuk dibawa ke TPS.

Dan bagi kelompok peserta yang berhasil mengumpulkan sampah anorganik terbanyak, panitia memberikan hadiah dan door prize.

No More Posts Available.

No more pages to load.