PLUT Pacitan Gelar Pelatihan Vokasional Olahan Biofarmaka

oleh -282 Dilihat
Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) PK2UMK menggelar kembali pelatihan Vokasional olahan biofarmaka dalam meningkatkan kapasitas UMKM. (Foto: Resi Wulandari/Pacitanku)

Pacitanku.com, PACITAN – Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) PK2UMK menggelar kembali pelatihan Vokasional olahan biovarmaka dalam meningkatkan kapasitas UMKM.

Pelatihan ini dilaksanakan selama 2 hari 7 Juni 2024 sampai 8 Juni 2024 di di kantor PLUT KUMKM Pacitan dengan jumlah peserta 25 orang.

Kegiatan ini menghadirkan dua narasumber, yaitu pertama pembuatan jamu seperti kunir asem, beras kencur dan sejenis lainnya untuk pemateri yang ke dua pembuatan sejenis jamu bubuk yang berbahan dasar jahe dan kunyit.

Kepala Dinas Koperasi Usaha Micro dan Perindustrian Pacitan Prayitno selaku mengutarakan, tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kualitas manusia terutama UMKM Pacitan yang menjadi pengusaha minuman biofarmaka.

“Harapannya setelah mereka mendapatkan pelatihan ini bisa menambah kapasitas sumber daya manusia meningkat dengan harapan mereka mampu bersaing di Pasar dan dapat memperluas jangkauan pasar usaha dan pendapatannya,”kata Prayitno.

Tidak hanya itu, Payitno mengungkapkan sehingga dengan teori dan praktek ini para peserta betul betul dapat mengasai dalam membuat minuman segar biovarmaka yang bisa diminati oleh masyarakat luas.

Prayitno mengatakan peserta ini terdiri dari berbagai wilayah di Pacitan yang berkolaborasi dengan para gerakan koperasi wanita (KOPWAN).

“Diharapkan bisa mengembangkan usaha ini dalam koperasinya misalkan jasa atau pemasaran di bidang biofarmaka bisa menjadi salah satu diserdifikasi usaha selain simpan pinjam dikoperasi – koperasi tersebut,”pungkasnya.

No More Posts Available.

No more pages to load.