Akui Banyak Warga Pelosok Belum Tahu Pilbup, Alasan KPU Pacitan Gencarkan Sosialisasi

oleh -453 Dilihat
Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pacitan Sulis Styorini. (Foto: Sulthan Shalahuddin)

Pacitanku.com, PACITAN – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pacitan Sulis Styorini menyampaikan klarifikasi lengkap sosialisasi pemilihan bupati dan wakil bupati Pacitan (Pilbup) yang diprotes mahasiswa dari Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Pacitan.

Diketahui, GMNI Pacitan menggelar unjuk rasa pada Kamis (30/5/2024) lalu di depan kantor KPU Pacitan memprotes rencana sosialisasi Pilbup Pacitan yang digelar pada Sabtu (8/6/2024) mendatang.

Unjuk rasa ini buntut dari protes GMNI Pacitan yang meminta KPU untuk mengevaluasi launching pilkada Pacitan 2024 yang menghadirkan artis dangdut New Monata.

Dalam klarifikasinya, perempuan yang akrab disapa Rini ini mengapresiasi semangat mahasiswa yang mengkritisi rencana kegiatan tersebut.

Baca juga: Massa GMNI Gelar Aksi Protes ke KPU Rencana Launching Pilkada Pacitan

“Kami menyambut baik dan mengapresiasi bahwa di pacitan ini, masih ada generasi muda yang punya kepedulian teradap peningkatan nilai demokrasi, bahwa apa yang dikatakan anak-anak muda ini sebagai respon positif atas tahapan Pilbup Pacitan,”kata Rini.

Lebih lanjut, Rini mengungkapkan anggaran sosialisasi ini adalah rangkaian berkelanjutan sampai dengan tahapan pemungutan suara. Mulai dari agenda penciptaan mascot dan jingle, kemudian konser sosialisasi hingga sosialisai di pengajian dan seni budaya.

Tak hanya itu, Rini mengakui bahwa berdasarkan hasil survey, masih banyak masyarakat yang belum tahu pelaksanaan Pilbup Pacitan. Hal itu pula yang menjadi dasar KPU gencar melakukan sosialisasi.

“Ini adalah salah satu upaya kami membumikan Pilbup Pacitan yang ketika kami survei di pelosok-pelosok desa, di pelosok kampung, seperti Donorojo, Sudimoro, Bandar dan seluruh Pacitan, masih ada warga masyarakat yang belum tahu di tahun 2024 ini ada perhelatan akbar Pilbup pacitan,”papar ketua KPU Perempuan pertama di Pacitan ini.

Kegiatan sosialisi Pilbup, kata Rini, juga tidak hanya pada kegiatan konser dangdut saja. Melainkan berbagai kegiatan, seperti doa bersama, pengajian, reog ponorogo, ronthek, pagelaran badut sinampurno dan berbagai kegiatan lainnya.

“Dan kegiatan yang itu ada dangdut salah satunya, dan yang kita harapkan bisa tercapai atau terwujud, adalah tersosialisakannya Pilbup Pacitan pada 27 November 2024 mendatang,”tandasnya.

Kegiatan sosialisasi ini, kata dia, akan terus sambung menyambung dengan berbagai konsep dan bentuk kegiatan.

“Ini akan sambung menyambung berbasis ormas, OKP, kegiatan media ghatering, ada kegiatan KPU goes to school, KPU goes to pesantren, kemudian di masing-masing PPK dan PPS juga melaksanakan kegiatan dengan datang pengajian, dan sebagainya,”pungkasnya.

Video Klarifikasi Lengkap Ketua KPU Pacitan Usai Didemo Mahasiswa Soal Dana Sosialisasi Pilkada

No More Posts Available.

No more pages to load.