Semarak Hari Jadi dan Bersih Desa, Bogoharjo Ngadirojo Gelar Seni Kolosal Babat Bumi Batik

oleh -296 Dilihat
Desa Bogoharho, Kecamatan Ngadirojo memiliki cara khusus untuk menyemarakkan hari jadi desa ke-119 dan sekaligus peringatan bersih desa bulan Longkang atau Dzulqodah. (Foto: Resi Wulandari/Pacitanku)

Pacitanku.com, NGADIROJODesa Bogoharjo, Kecamatan Ngadirojo memiliki cara khusus untuk menyemarakkan hari jadi desa ke-119 dan sekaligus peringatan bersih desa bulan Longkang atau Dzulqodah.

Pada Minggu (26/5/2024), bertempat di lapangan desa setempat, masyarakat desa merayakan kegiatan tersebut malam puncak menampilkan pagelaran seni budaya dengan sajian utama pagelaran seni kolosal “Babat Bumi Batik Bogoharjo.”

Semarak hari jadi Desa Bogoharjo berlangsung selama 3 hari. Kegiatan tersebut juga bertepatan dengan acara bersih desa dan bulan bakti gotong royong.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji. Bupati mengapresiasi kegiatan tersebut sebagai bentuk rasa syukur serta menjaga tradisi dengan mengenalkan leluhur kepada generasi muda.

Bupati berharap event ini bisa memberi dampak positif bagi masyarakat khususnya warga Desa Bogoharjo.

“Rasa syukur itu bisa diwujudkan dengan apa saja, bisa dengan berdoa atau dengan kegiatan seperti ini,”tandasnya.

Sementara, Totok, ketua panitia kegiatan tersebut mengatakan kegiatan ini sudah di rencanakan sebelumnya tahun 2024 ini pemerintahan Desa Bogoharjo bersama dengan kelembagaan adat mengangkat sejarah babat Desa Bogoharjo.

Tidak hanya itu, Totok menceritakan rangkaian acara bersih desa Bogoharjo ini, diantaranya kegiatan UMKM, Ziarah makam Eyang Panji Sanjoyo Rangin, Bakti Sosial, Senam Kebugaran untuk anak (PAUD, SD & MI), Pentas seni anak – anak, campursari, baksos, doa bersama serta pertunjukan seni budaya.

“Kegiatan inti adalah bersih desa itu tetapi untuk mengingatkan kepada generasi muda bagaimana Bogoharjo dulu, karena memang dulu ada buku peninggalan tentang babat desa bogoharjo selain itu juga ada babat lorok bagaimana tokoh yang namanya Eyang Panji Sanjoyo Rangin ini membuka wilayah yang dinamakan desa Bogoharjo,”pungkasnya.

No More Posts Available.

No more pages to load.