Serius Calonkan Gagarin Maju Pilbup, Golkar Bangun Komunikasi dengan Parpol di Pacitan

oleh -695 Dilihat
Politisi Partai Golkar dan Wakil Bupati Pacitan Gagarin. (Foto: Isttimwa/Dok Partai Golkar Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golongan Karya (Golkar) Pacitan serius mengusung Gagarin sebagai calon bupati pada pemilihan bupati dan wakil bupati 27 November 2024 mendatang.

“Partai Golkar memang mencalonkan Pak Gagarin untuk maju sebagai bakal calon bupati pacitan 2024,”kata wakil ketua bidang komunikasi media, penggalangan opini, ormas dan kerjasama antar lembaga DPD Partai Golkar Pacitan Hadi Suwarno, saat dikonfirmasi Pacitanku.com, Kamis (16/5/2024) di Pacitan.

Lebih lanjut, pria yang akrab disapa Nano ini meminta masyarakat untuk menunggu pengumuman resmi pencalonan Gagarin sebagai calon bupati Pacitan saat mendaftar di KOmisi Pemilihan Umum (KPU) Pacitan Agustus mendatang.

“Resmi kita tunggu nanti di bulan Agustus saat pendaftaran bakal calon di KPU Pacitan,”tandas salah satu pengusaha terkemuka di Pacitan ini.

Untuk memantapkan langkah mengusung Gagarin, Nano mengatakan Partai Golkar Pacitan terus membangun komunikasi intens dengan partai politik lainnya di Pacitan.

“Kita terus bangun komunikasi intens dengan partai-partai lain, dalam rangka membangun koalisi,”jelas dia.

Komunikasi intens dengan parpol lain tersebut adalah untuk melengkapi syarat minimal pencalonan pasangan calon bupati dan wakil bupati Pacitan 20 persen. Dimana saat ini, Partai Golkar hanya memiliki 7 kursi DPRD atau kurang dari 20 persen suara parlemen.

“Kita membangun koalisi dengan partai lainnya, juga menyamakan langkah, persepsi dan arah kedepan dengan tujuan membangun masyarakat lebih baik, Sejahtera, makmur berkeadilan berbudaya dalam kesetaraan,”pungkasnya.

Sebelumnya, Gagarin sendiri belum menyebut secara gamblang apakah dirinya akan maju menjadi calon bupati, atau kembali mendampingi Indrata Nur Bayuaji menjadi calon wakil Bupati.

Baca juga: Ini Tanggapan Gagarin Soal Wacana Dirinya Maju Pilbup Pacitan

Hanya saja, mantan Wakil Ketua DPRD Pacitan ini menyebut pada saatnya nanti akan deklarasi secara resmi.

“Terkait Pilkada Pacitan, pada saatnya nanti saya akan deklar (deklarasi, red) secara resmi,”katanya saat dihubungi pada Rabu (15/5/2024) di Pacitan.

Sebagai informasi, dari semua parpol pemilik kursi DPRD, hanya Partai Demokrat yang memenuhi syarat mengusung pasangan calon sendiri. Sementara, 8 parpol lainnya, termasuk partai Golkar harus berkoalisi dengan parpol lainnya.

Sebab, berdasarkan UU Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan wakil Bupati, serta wali kota dan wakil wali kota perlu memiliki 20 persen jumlah kursi DPRD untuk mencalonkan diri sebagai calon kepala daerah.

Di Kabupaten Pacitan, dengan total kursi DPRD sebanyak 45, maka memerlukan minimal 9 kursi sebagai ambang batas minimal pencalonan Bupati dan Wakil Bupati.

Dari 9 Parpol pemilik kursi DPRD Pacitan tahun 2024, hanya Partai Demokrat yang bisa mencalonkan kepala daerah secara mandiri.

Sementara, 8 parpol lainnya harus berkoalisi untuk memajukan calon kepala daerah pada 27 November 2024 mendatang, yakni Partai Golkar (7 kursi), PDIP (6 kursi), PKB (5 kursi), Nasdem (2 kursi) PPP (2 kursi), PKS (2 kursi), Hanura (2 kursi) dan Gerindra (1 kursi).

Dari 8 parpol diluar Partai Demokrat, baru 3 Parpol yang sudah menentukan sikap politiknya, yakni PPP, Hanura dan Gerindra.

Tiga Parpol dengan total 5 kursi DPRD itu resmi mengusung bakal calon dari Partai Demokrat, yakni Rakhman Wijayanto sebagai Bacawabup Pacitan pada Pilbup 2024 mendatang.

Sedangkan Golkar, PDIP, PKB, Nasdem dan PKS belum menentukan sikap politiknya dalam Pilbup Pacitan. (DP)

No More Posts Available.

No more pages to load.