Belajar Jadi Legislator, Sejumlah Lembaga Pendidikan Sambangi DPRD Pacitan Saat Hardiknas

oleh -620 Dilihat
Belajar Jadi Legislator, Sejumlah Lembaga Pendidikan Sambangi DPRD Pacitan Saat Hardiknas. (Foto: Putro Primanto)

Pacitanku.com, PACITAN – Momentum Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2 Mei 2024 dirayakan secara unik oleh sejumlah lembaga pendidikan di Pacitan.

Yang pertama adalah Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) 3 Pacitan. Siswa SMK 3 Pacitan memilih memaknai hari Pendidikan dengan mengunjungi kantor DPRD Pacitan.

Selain SMK 3 Pacitan, DPRD Pacitan juga telah mengundang berbagai jenjang sekolah untuk belajar tugas dan fungsi DPRD Pacitan.

Salah satunya baru-baru ini SMP N 1 Pacitan dan juga mahasiswa dari kampus STKIP PGRI Pacitan.

Bagus, siswa kelas IX A menuturkan kegiatan ini meskipun hanya simulasi, tetapi memberikan kesan yang baik.

“Iya kita sangat senang, bisa mencoba jadi anggota DPRD, walau hanya simulasi tapi paling tidak kita sudah mencoba kursi dewan,”kata Bagus.

Bagus mengatakan melalui kursi tersebut, para legislator bisa menentukan kebijakan untuk kebaikan masyarakat.

“Dimana di kursi ini, semua anggota dewan rapat menentukan kebijakan dan memutuskan semua hal untuk kebaikan masyarakat banyak khususnya di Kabupaten Pacitan,”imbuh dia.

Kesan senada juga disampaikan oleh Dhella Anggelina, mahasiswa STKIP PGRI Pacitan. Menurut Dhella, keguatan ini dijadikan suatu pengalaman untuk melakukan simulasi rapat paripurna.

“Yang hadir dalam rangkaian kegiatan ini yaitu anggota DPRD Ririn Subianti, Sekretaris DPRD, Bapak/Ibu Dosen STKIP PGRI Pacitan, dan juga berberapa staf di Sekretariat DPRD Kabupaten Pacitan,”tutur Dhella.

Tidak hanya itu, Dhella mengatakan ini dijadikan suatu pengalaman untuk melakukan simulasi rapat paripurna.

“Kami sebagai mahasiswa diberikan kesempatan untuk belajar dan berlatih komunikasi politik secara langsung yang merupakan implementasi dari materi mata kuliah kami yaitu public relation, yang diampu oleh Bu Sri Pamungkas,”pungkasnya.