Semarak Malam Lebaran, Ngadirojo Pacitan Ramai Takbiran Keliling

oleh -609 Dilihat
Sejumlah titik di Kabupaten Pacitan menggelar takbir keliling menyambut Idulfitri 2024 Hijriah pada Selasa (9/4/2024) malam, salah satunya di Ngadirojo. (Foto: Resi Wulandari/Pacitanku)

Pacitanku.com, NGADIROJO – Usai di tetapkannya hari raya Idulfitri 1445 Hijriah oleh Kementrian Agama, sejumlah masjid di Kabupaten Pacitan serentak menggaungkan takbir.

Tidak hanya takbir di masjid, masyarakat juga antusias menggelar takbir keliling

Sejumlah titik di Kabupaten Pacitan menggelar takbir keliling menyambut Idulfitri 2024 Hijriah pada Selasa (9/4/2024) malam.

Terpantau ada sejumlah wilayah yang menggelar takbir keliling, di antaranya di Kecamatan Ngadirojo Pacitan.

Salah satunya yang cukup meriah adalah gelaran Gema Takbir Pacitan 2024 yang dilaksanakan di Ngadirojo yang melibatkan ratusan peserta.

Rute arak-arakan takbir keliling dimulai dari desa masing-masing di Kecamatan Ngadirojo dan berakhir di kawasan Pantai Soge, Desa Sidomulyo, Pacitan.

Peserta takbir keliling menggaungkan takbir diiringi dengan soun system dan musik religi yang cukup semarak.

Widya, salah satu peserta takbir keliling di Ngadirojo mengungkapkan saking ramainya antusiasme masyarakat, jalanan sempat mengalami kemacetan.

“Karena memang banyak masyarakat yang ikut mengakibatkan jalan menjadi macet, tapi menyenangkan,”tutur Widya

Saat pelaksanaan takbir keliling di Ngadirojo, setiap desa mengikuti sertakan satu truk yang bermuatan sound system dengan rute dari desa masing-masing sampai pantai soge.

“Sudah setiap tahun mengikuti takbir keliling ini, walaupun macat tetapi sangat seru dan menyenangkan,”imbuh dia.

“Bila sudah sampai titik kumpul soge biasanya dari setiap kelompok desa putar balik dan kembali desa masing-masing,”pungkas Widya.

No More Posts Available.

No more pages to load.