Proyek Lahan Parkir Sisi Timur Kawasan Pantai Pancer Pacitan Terancam Abrasi

oleh -785 Dilihat
Proyek Lahan Parkir Sisi Timur Kawasan Pantai Pancer Pacitan Terancam Abrasi. (Foto: Sulthan Shalahuddin/Pacitanku)

Pacitanku.com, PACITAN – Proyek Pembangunan lahan parkir senilai Rp 1,5 miliar di sisi timur kawasan Pantai Pancer Door, Kelurahan Ploso, Pacitan terancam sia-sia. Pasalnya proyek tersebut terancam abrasi.

Disinyalir proyek yang dikerjakan akhir tahun lalu ini melanggar Peraturan Presiden (Perpres) 15/2016 tentang Batas Sepadan Pantai.

Dalam belied itu secara tegas dinyatakan bahwa yang disebut sempadan pantai yakni sejauh 100 meter dari ombak tertinggi ke daratan.

Faktanya, area parkir yang dibangun Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Pacitan  ini berjarak kurang dari 10 meter dari bibir pantai.

Namun, Kepala Disparbudpora Pacitan Turmudi, mengklaim pembangunan sudah sesuai prosedur. Pun masih dalam batas aman dari abrasi pantai.

‘’Kalau bisa dilindungi, tidak dipindahkan,”katanya, baru-baru ini.

Menurut Turmudi, Pemkab berupaya mengatasi persoalan abrasi yang mengancam fasilitas umum di pantai tersebut. Yakni dengan memasang bolder berupa tumpuka batu sebagai benteng penahan lahan parkir dari kikisan abrasi.

Hanya, penanganan darurat itu dilakukan bertahap. Pasalnya, sampai saat ini kondisi pantai masih mengalami gelombang pasang. ‘’Kami masih menunggu ombak. Setelah itu penanganan, di antaranya renovasi toilet umum,”jelasnya.

Sebagai informasi, abrasi di Pantai Pacer Door kian parah. Bahkan mengancam sejumlah fasilitas umum. Seperti toilet, musala dan sebuah warung makan. Catatan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Pacitan, 65 sepadan pantai hilang.

No More Posts Available.

No more pages to load.