Belum Lama Dibangun, Badan jalan Baru Pacitan-Pringkuku via Mloko Ambles

oleh -195 Dilihat
AMBLES. Pemkab Pacitan menguruk badan jalan di Sedeng yang ambles. (Foto: Sulthan Shalahuddin?

Pacitanku.com, PACITAN – Badan jalan Pacitan-Pringkuku yang belum lama dibangun, yakni di ruas jalur Dusun Mloko, Desa Sedeng, Kecamatan Pacitan ambles pada Sabtu (20/1/2024).

Hal ini diakibatkan karena cuaca ekstrem yang terjadi akibat hujan deras yang mengguyur wilayah Kabupaten Pacitan.

Baru resmi dibuka pada November 2023 lalu, trase jalan tersebut ambles sedalam 30 sentimeter dengan panjang sekitar 25 meter. Meskipun demikian amblesnya ruas tersebut tidak sampai mengganggu pengendara yang melintas.

Kepala Desa Sedeng, Sucipto kepada awak media, Minggu (21/1/2024) menuturkan kejadian amblesnya jalan baru tersebut pada Sabtu sore.

Sucipto menuturkan, amblesnya jalan tersebut mengancam satu unit rumah warga yang berdekatan trase yang dibangun senilai Rp 8,6 miliar tersebut.

Meski begitu, kerusakan langsung direspons Pemkab pacitan.

Dinas pekerjaan umum dan penataan ruang (DPUPR) setempat mengerahkan alat berat untuk melakukan perawatan jalan yang kini diklaim masih menjadi tanggung jawab kontraktor tersebut.

Untuk sementara, perbaikan meliputi penimbunan dengan pasir dan batu (sirtu) serta terpal. Ini agar tidak melebar ke badan jalan yang ambles. Juga untuk menutup agar tidak membahayakan kendaraan roda dua maupun roda empat yang melintas.

Sementara, salah satu warga setempat, Poniyem mengungkapkan ekskavator mulai melakukan perbaikan.

“Tadi pagi mulai dengar ada ekskavator untuk dilakukan perbaikan. Di bagian sisi bawah yang retak juga kemungkinan bakal diperkuat,”kata Poniyem.

No More Posts Available.

No more pages to load.