Begini Semarak Arak-Arakan Buceng Peringati 6 Tahun Destinasi Watu Bale Tulakan

oleh -4065 Dilihat
Kegiatan itu bertajuk arak – arakan buceng songo yang digelar pada Ahad (10/12/2203) di Pantai Watu Bale Tulakan. (Foto: Angga Creative for Pacitanku)

Pacitanku.com, TULAKAN – Destinasi wisata Pantai Watu Bale, Desa Jetak, Kecamatan Tulakan menggelar acara khusus untuk memperingati 6 tahun destinasi wisata yang dikelola oleh Pemerintah Desa (Pemdes) setempat tersebut.

Kegiatan itu bertajuk arak-arakan buceng songo yang digelar pada Ahad (10/12/2203) di Pantai Watu Bale Tulakan.

Kegiatan yang diikuti ratusan warga setempat tersebut digelar sebagai bentuk syukuran Pantai Watu Bale yang sudah dikelola selama 6 tahun oleh Pemdes setempat.

Selain diikuti warga dan wisatawan, kegiatan itu juga menghadirkan unsur forkopimda Pacitan, Dewan Kesenian Pacitan (DKP), forkopimca Tulakan.

Berbagai kegiatan untuk menyemarakkan digelar selain acara puncak arak-arakan buceng songo. Diantaranya adalah mewarnai gambar dari TK/PAUD Se-Desa Jetak sekitar 80 siswa dan siswa TK/PAUD di Desa setempat.

Kegiatan itu bertajuk arak – arakan buceng songo yang digelar pada Ahad (10/12/2203) di Pantai Watu Bale Tulakan. (Foto: Angga Creative for Pacitanku)

Bambang Pidera, salah satu panitia dalam kegiatan itu mengungkapkan digelarnya acara ini untuk meningkatkan meningkatkan destinasi wisata sekaligus ulang tahunnya Pantai Watu Bale.

“Diselenggarakan tepat pada tanggal 10 Desember 2023 dengan mengambil tema kebudayaan lokal sebagai penyangga destinasi wisata Pantai Watu Bale,”kata Bambang yang juga pembawa acara dalam kegiatan itu.

Bambang menuturkan, penyelenggara dari acara tersebut adalah managemen watu bale yang didukung oleh Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Pacitan.

“Adapun rangkaian acaranya dimulai dengan kegiatan mewarnai gambar dari TK/PAUD Se-Desa Jetak sekitar 80 siswa dan siswa TK/PAUD,”kata dia.

Untuk acara puncak, kata Bambang digelar prosesi arak – arakan buceng songo yang dimulai dengan perjalanan atau pawai.

“Jadi ada pawai begitu dari awal pintu masuk watu bale menuju lokasi acara di area pantai watu bale dan seremonial murak buceng songo sekaligus, disitu ‘ujut-ujut’ atau berdoa dengan niatan hajatan 6 tahun watu bale dan diakhiri oleh doa dan ritual murwokolo mbuwang sungkerto yang disampaikan oleh sang pujangga yaitu Hari Suryo Atmaja dan doa oleh Kyai Suyitno,”jelasnya.

Tak hanya kegiatan budaya, Bambang mengatakan semarak kegiatan peringatan 6 Tahun Destinasi Watu Bale Tulakan juga digelar sosialisasi kesehatan.

Kegiatan itu bertajuk arak – arakan buceng songo yang digelar pada Ahad (10/12/2203) di Pantai Watu Bale Tulakan. (Foto: Angga Creative for Pacitanku)

Dimana, kata dia, manajemen setempat bekerja sama dengan dinas kesehatan khususnya Puskesmas tulakan mengelar penyuluhan jentik – jentik di wilayah masyarakat desa jetak.

“Untuk acara penyuluhan juga dihadiri oleh STBM desa jetak dan pemerintahan desa jetak,”tandas pria yang malang melintang di dunia pranatacara ini.

Video Review Jembatan ‘Nyali’ Pantai Watu Bale Tulakan

No More Posts Available.

No more pages to load.