Gladen Jemparingan Notopuran, Para Pemanah Adu Titis di Pacitan

oleh -445 Dilihat
BIDIK TARGET. Ketua DPRD Pacitan Ronny Wahyono saat memanah dalam gladen jemparingan notoputan pada Minggu (5/11/2023) di alun-alun Pacitan. (Foto: Putro Primanto/Pacitanku)

Pacitanku.com, PACITAN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pacitan melalui Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga setempat menggelar Gladen Ageng Jemparingan Notopuran Jawa-Bali di alun-alun Pacitan pada Minggu (5/11/2023).

Acara diikuti para pemanah dari berbagai kota di Jawa-Bali ini mempertandingkan kategori dewasa putra, dewasa Putri, dan anak-anak.

Kegiatan ini merupakan buah kerjasama antara Jemparingan Bandul Nusantara, JMG Pacitan, dan Disparbudpora Pacitan.

Dalam kesempatan itu, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) sempat menjajal ketangkasan memanah.

Salah satu yang mencoba adalah Ketua DPRD Pacitan Ronny Wahyono.

Pria yang akrab disapa Ronny ini juga mengapresiasi dilaksanakannya Gladen Jemparingan tingkat nasional tersebut.

“Dengan kegiatan jemparingan Notopuran ini, kami mengapresiasi apa yang dilakukan panitia,”kata Ronny.

Legislator Partai Demokrat itu juga berharap kegiatan serupa dapat dilakukan secara terus menerus agar menambah kekhasan wisata di Pacitan.

“Sukses dan lancar serta menjadi daya tarik wisata bahkan sampai Bali, dan kami berharap agar rutin dilaksanakan dan dapat menambah kekhasan Pacitan, selain hanya wisata alam namun juga wisata budaya,”jelasnya.

Pada sisi yang lain, selain meningkatkan wisatawan, kegiatan tersebut juga diharapkan membantu UMKM di Pacitan untuk menambah penjualan mereka. “Selain itu juga akan menjadi penggerak ekonomi utamanya UMKM yang tentu menaikkan penjualan mereka dengan adanya lomba Jemparingan Notopuran ini,”pungkasnya.