Melihat Semangat Anak-anak Muda dari Pacitan Cerdas, Dorong Remaja untuk Cinta Pendidikan

oleh -10 Dilihat
PACE KELAS. Komunitas Pacitan Cerdas saat berada di kelas untuk mengajar. (Foto: Irma Sintia dkk)

Pacitanku.com, PACITAN – Dunia teknologi seolah-olah menjadi pisau bermata dua. Jika tak pandai memanfaatkan, maka dia akan menjadi bumerang.

Prinsip itu yang mungkin saja menjadi salah satu inspirasi bagi sejumlah komunitas untuk mengajak sebanyak-banyaknya anak-anak dan remaja memanfaatkan teknologi yang edukatif.

Salah satu komunitas tersebut adalah Pacitan Cerdas (Pace). Sekelompok anak-anak muda ini hingga saat ini masih terus aktif untuk melatih, membimbing dan memotivasi remaja, di Pacitan khususnya untuk dapat berkontribusi dalam bidang pendidikan salah satunya dengan optimalisasi peran pemuda.

Komunitas Pace sendiri hingga saat ini terus aktif menjadi salah satu komunitas di Pacitan yang terus concern di dunia Pendidikan.

Berbagai program dari Pace diantaranya Pace Kelas, Pace Workshop, informasi beasiswa kepada anak-anak sekolah, bincang-bincang Pace, pelatihan branding UMKM dan sejumlah kegiatan lainnya.

Berbagai program tersebut jugi disinergikan dengan sejumlah lembaga lainnya, seperti komunitas UMKM, sekolah-sekolah hingga Puskesmas di Pacitan.

Salah satu anggota Pace, Dhella, saat ditemui tim Pacitanku baru-baru ini mengatakan sebagai generasi penerus, pemuda memiliki potensi besar untuk membawa perubahan positif dalam sistem pendidikan.

Hal itu pula yang melandasi dirinya, bersama anggota komunitas Pace terus berkontribusi di dunia pendidikan, khususnya di Pacitan.

“Pemuda dapat berperan sebagai agen perubahan dengan mengambil inisiatif untuk terlibat aktif dalam kegiatan pendidikan di komunitas atau organisasi mereka,”kata dia.

Dengan upaya, Dhella mengatakan seorang pemuda akan memiliki relasi dan juga belajar melaksanakan beberapa program pendidikan serta membantu meningkatkan akses pendidikan dan memberi inspirasi terhadap sesamanya.

Menurut Dhella, dengan terlibatnya pemuda dalam bidang pendidikan, pemuda dapat memberikan kontribusi dan mampu menciptakan masa depan yang lebih baik bagi generasi yang akan datang.

Selain itu, cara kedua ialah memanfaatkan teknologi yang tersedia untuk membuat konten konten edukatif.

“Sebenarnya ada banyak cara sederhana yang bisa dilakukan seperti membuat konten edukatif yang membahas topik-topik mengenai pendidikan serta menyisipkan nilai-nilai positif didalamnya,”pungkasnya.

Video Ngobrolin Dunia Kehumasan Bareng Gandung Senatama Pacitan [Podcast Pacitanku]

No More Posts Available.

No more pages to load.