Gempabumi M 6 Guncang Pacitan Saat Tengah Malam, Warga: Keluar Keringat Dingin

oleh -9 Dilihat
SUASANA PASCA GEMPA. Kondisi pasca gempa di salah satu pesisir Pacitan di Kelurahan Sidoharjo, Pacitan pada Kamis (8/6/2023) dini hari. (Foto: Istimewa)

Pacitanku.com, PACITAN – Gempabumi dengan kekuatan magnitude (M) 6 yang diperbarui menjadi M 6,1 terjadi di Pacitan, pada Kamis (8/6/2023) sekitar pukul 00.04 WIB. Berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa tidak berpotensi tsunami.

Salah satu warga Pacitan, Muhammad Nurromdhoni yang sedang mengikuti pelatihan pemandu outbond di salah satu hotel di Pacitan mengaku sampai keluar keringat dingin akibat guncangan gempabumi tersebut.

“(Keluar) keringat dingin, (posisi saya) di lantai 4 (hotel) getarannya cukup keras, sekitar 5 detik atau mungkin lebih, masyarakat sekitar sini pada keluar rumah, tapi kondisi tenang dan tidak ada yang berhamburan,”kata pria yang akrab disapa Nur ini, saat dihubungi Pacitanku.com, Kamis (8/6/2023) dini hari.

Baca juga: Gempabumi Magnitudo 6 Guncang Pacitan, BMKG: Tidak Berpotensi Tsunami

Sebelumnya diberitakan, berdasarkan keterangan dari BMKG, gempa tersebut terjadi saat tengah malam, tepatnya pada Kamis (8/6/2023) pukul 00.04 WIB.

Adapun gempa berlokasi di 9.15 lintang selatan (LS) dan 110.69 bujur timur (BT) yang terletak di 117 kilometer barat daya Pacitan. Gempa memiliki kedalaman 10 kilometer. Gempa tersebut tidak berpotensi tsunami. Belakangan, BMKG kemudian memperbarui magnitude gempa bumi tersebut menjadi M 6,1.

Beberapa menit berselang, BMKG kembali mencatat terjadi gempa dengan kekuatan magnitudo lebih rendah, yakni M 3,4 pada Kamis (8/6/2023) pukul 00.21 WIB dengan lokasi di 8.9 LS dan 111.02 BT dan pusat gempa terletak di 80 kilimeter barat daya Pacitan dengan kedalaman 14 kilometer.

Hingga berita ini ditulis, belum diketahui dampak gempabumi yang terjadi di Pacitan tersebut.

No More Posts Available.

No more pages to load.