Hadirkan Chef Nasional, Disparbudpora Pacitan Fasilitasi Puluhan Pegiat Wisata Pelatihan Inovasi Kuliner

oleh -6 Dilihat
Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Pacitan menggelar pelatihan inovasi dan higienitas sajian kuliner untuk para pegiat wisata di Pacitan, Senin hingga Rabu pekan ini. (Foto: Sulthan Shalahuddin)

Pacitanku.com, PACITAN – Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Pacitan menggelar pelatihan inovasi dan higienitas sajian kuliner untuk para pegiat wisata di Pacitan.

Menghadirkan chef nasional Eddy Santosa yang merupakan putra asli Pacitan, kegiatan itu diikuti oleh 50 peserta dan digelar selama tiga hari, sejak Senin (15/5/2023) hingga Rabu (17/5/2023) di Hotel Grand Bromo Pacitan.

Selain Chef Eddy Santoso yang juga sering tampil di sejumlah televisi nasional, juga hadir sebagai pemateri adalah chef Brian Wicaksono runner-up MasterChef Indonesia season 3, dan Rizky Maulana kontestan MasterChef Indonesia season 5 yang juga dosen di STIPRAM Yogyakarta.

Selain itu juga hadir Ketua Tim Penggerak PKK, Efi Suraningsih, Founder Kawakibi Digital Branding dan Marketing, Dinas Kesehatan, Dinas Koperasi UMKM dan Industri, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, Pengusaha Kedai Kopi Kofiegraph dan juga dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur.

Kepala Disparbudpora Pacitan Turmudi dalam siaran persnya mengungkapkan bahwa kegiatan ini sesuai arahan dan komitmen dari Bupati Pacitan, Indrata Nur Bayuaji yang mencanangkan sektor pariwisata sebagai salah satu lokomotif ekonomi Pacitan.

“Pelatihan ini adalah bentuk keseriusan Pemkab, dengan harapan semakin meningkatnya kualitas SDM yang berkecimpun di dunia wisata, semakin baik pula kesan bagi wisatawan yang ujungnya berimbas pada meningkatnya kunjungan wisatawan ke Pacitan,”katanya.

“Urusan makanan juga harus jadi perhatian di sektor wisata, karena itu sudah sepaket, wisatawan kenyang dan berkesan, liburan makin menyenangkan,”imbuhnya lagi.

Turmudi mengungkapkan selain pelatihan ini, Disparbudpora juga sedang mempersiapkan pelatihan di sektor lain untuk semakin meningkatkan kualitas SDM para pegiat pariwisata Pacitan.

Sementara, salah satu peserta, Heru mengapresiasi digelarnya acara ini. Menurut Heri, materi yangd disajikan sangat luar biasa dan penuh “daging” yang sangat bermanfaat bagi peserta.

“Dan acara dikemas dengan baik sehingga tidak membosankan , ketiga mohon pemerintah semakin sering meberikan pelatihan semacam ini kepada masyarakat,”ungkapnya.