Pulang ke Pacitan, SBY akan Pantau Pembangunan Museum Kepresidenan Jelang Peresmian

oleh -0 Dilihat
SBY kembali ke Pacitan usai menyaksikan laga bola voli Lavani di Kota Malang pada Senin (13/2/2023). (Foto: Dok. Prokopim Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN – Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) kembali pulang ke Pacitan pada Kamis (18/5/2023). Mendampingi SBY, sejumlah petinggi partai Demokrat nampak hadir pada Kamis sore di kawasan museum Kepresidenan.

Sekretaris DPC Partai Demokrat Pacitan, Arif Setyo Budi (ASB) membenarkan kepulangan SBY ke Pacitan. “Betul mas, ini baru saja pak SBY bersama rombongan tiba di Pacitan,”kata ASB saat dikonfirmasi Pacitanku.com.

Lebih lanjut, ASB menjelaskan agenda kegiatan pak SBY di Pacitan di antaranya memantau pembangunan museum SBY ANI dan sejumlah agenda internal lainnya. “Tentu beliau hadir di Pacitan pertama memantau persiapan pembukaan Museum SBY di Pacitan, selain itu untuk agenda internal secara tentative akan dilakukan” jelasnya.

Sebagai informasi, pembangunan Museum dan Galeri Seni SBY Ani di atas lahan 1,5 Ha, Jalan Lingkar Selatan (JLS), Ploso, Kabupaten Pacitan provinsi Jawa Timur hampir rampung.

Direncanakan, pembangunan gedung dengan luas mencapai 7.500 meter persegi, itu akan diresmikan pemakaiannya pada 1 Juni 2023, bertepatan dengan peringatan empat tahun berpulangnya mendiang  Ani Yudhoyono.

Pada Jumat (24/3/2023) lalu, putra pertama SBY, Agus Harimurti Yudhoyoo (AHY) saat berada di Pacitan mengabarkan bahwa sejumlah bangunan luar sudah rampung dan tinggal menyisakan sisi interior tematik saja.

Hal itu diungkapkan pria yang juga Ketum Partai Demokrat itu saat bersama Ibas mendampingi  SBY menerima arsitek asal Spanyol Luis Vidal juga Bapak Erwin Aksa pada hari Jumat (24/3/2023) yang lalu.

“Kami berkeliling Museum dan Galeri Seni SBY Ani untuk melihat dan meninjau progres pembangunannya. Saat ini pembangunan bangunan luar sudah rampung dan dari sisi interior tematik progresnya sudah mencapai 90 persen,”kata AHY dalam unggahannya di Instagram yang dikutip Pacitanku.com saat itu.