Pemkab akan ‘Sulap’ Alun-alun Pacitan Jadi Ruang Terbuka Hijau

oleh -3 Dilihat
DITUTUP SEMENTARA. Pemkab Pacitan akan membangun ruang terbuka hijau di alun-alun sisi barat. (Foto: Sulthan Shalahuddin/Pacitanku)

Pacitanku.com, PACITAN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pacitan melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) membangun ruang terbuka hijau di kawasan alun-alun Pacitan sisi barat.

Kepala DLH Pacitan Cicik Roudlotul Jannah saat dikonfirmasi wak media pada Selasa (14/2/2023) di Pacitan menuturkan area yang selama ini diperuntukkan untuk berolahraga tersebut akan ditata dan dilakukan peremajaan kembali, salah satunya membuat ruang terbuka hijau (RTH).

Saat ini, Cicik mengatakan kawasan alun-alun sisi barat sedang tahap revitalisasi dan peremajaan dengan penanaman rumput untuk membuat RTH.

“Jadi Pemkab mau membuat lapangan hijau, untuk bermain anak-anak dan tidak tercampur pedagang, mau bikin ruang terbuka hijau keseluruhan,”ujar dia.

Sehingga dengan peremajaan untuk RTH tersebut, Cicik mengatakan area tersebut dilarang dilewati kendaraan dan ditutup permanen untuk kendaraan.

“(Kendaraan dilarang melintas) karena nanti dilewati kendaraan rumputnya mati,”kata Cicik.

Untuk membangun RTH tersebut, Cicik mengungkapkan jajarannya masih menggunakan rumput lokal seperti halnya di halaman Pendopo Kabupaten.

“Sementara ini rumput biasa, karena keterbatasan anggaran, tapi kedepan juga kita akan menggandeng Lembaga-lembaga lain untuk CSR pembangunan tersebut,”papar dia.

Terkait adanya pedagang pasar malam yang selama ini menempati area tersebut, Cicik menuturkan pihaknya akan melakukan pemindahan dengan bekerja sama antar Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

“Kita juga sudah koordinasi dengan perdagangan dengan PUPR bersama-sama menata alun-alun, ya nanti (pedagang pasar malam) mungkin dipindahkan ke tempat lain nanti dicarikan,”ujar dia.

Sementara, Cicik juga memastikan fasilitas yang selama ini sudah ada seperti lapangan bola voli dan lapangan basket tetap tersedia untuk digunakan masyarakat.

“Lapangan voli dan lapangan basket itu tetap sebagaimana mestinya, yang lapangan hijau dihijaukan kembali,”pungkasnya.

Video Alun-alun Pacitan yang Semakin Penuh Warna