Kadisparbudpora Pacitan Bangga Festival Rontek Masuk Kharisma Event Nusantara 2023

oleh -267 Dilihat
SEMARAK. Festival Ronthek Pacitan pada hari pertama, Jumat (16/12/2022) malam berlangsung semarak. (Foto: Sulthan Shalahuddin/Pacitanku)

Pacitanku.com, PACITAN – Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Pacitan Turmudi mengakui bangga Festival Rontek Pacitan masuk ke dalam event nasional dibawah Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf). Event nasional itu adalah Kharisma Event Nusantara (KEN) 2023.

“Ya Festival Rontek Pacitan masuk di KEN yang sudah diumumkan oleh Pak Menteri Parekraf akhir Januari 2023 lalu, ini menjadi salah satu dari 110 Kabupaten/Kota di Indonesia yang masuk ke kalender event nasional tersebut, dan untuk di Jatim salah satu diantara sejumlah Kabupaten/Kota di Jatim yang masuk di event KEN,”katanya, Sabtu (4/2/2023) di Pacitan.

Sebagai informasi, ada delapan event Jatim yang masuk ke KEN 2023, yaitu Festival Ketupat di Kabupaten Lamongan pada tanggal 27-28 April, Festival Rujak Uleg di Kota Surabaya pada 7 Mei, Festival Kresnayana Kabupaten Blitar 10 Juni dan Festival Wayang Air Kabupaten Malang 9-10 Juni.

Baca juga: Khofifah Apresiasi 8 Event Jatim Masuk Kharisma Event Nusantara, Termasuk Festival Rontek Pacitan

Kemudian Banyuwangi Ethno Carnival pada 8 Juli, Festival Nasional Reog Ponorogo XXVIII pada 14-18 Juli, Jazz Gunung Bromo di Kabupaten Probolinggo pada 21-22 Juli, Batu Street Food Festival (BSFF) 4-6 Agustus, Jember Fashion Carnaval (JFC) 4-6 Agustus, Festival Kota Tua di Gresik pada 28 Oktober.

Selanjutnya adalah East Java Fashion Harmony di Kota Batu tanggal 3-4 November. Kemudian Festival Rontek Pacitan 2023 tanggal 17-19 November.

Menurut Turmudi, Festival Rontek Pacitan sudah menjadi tradisi yang membudaya dan tidak dipisahkan dari kehidupan masyarakat Pacitan.

“Sejak dahulu, yang Namanya Rontek menjadi ciri khas Pacitan, baik di kegiatan puasa, gugah sahur, dari anak-anak sampai dewasa, hingga akhirnya dibuat festival tahunan di Pacitan,”kata dia.

Pemkab Pacitan, kata Turmudi, juga rutin menggelar festival Rontek Pacitan yang pelaksanannya digelar setiap tahun, terhitung sejak tahun 2011 hingga terakhir tahun 2022 lalu.

“Kita ada pembinaan, festival ronthek kita adakan setiap tahun, konsepnya diserahkan dewan kesenian, bagaimana  rontek bisa dinikmati betul-betul bahwa itu adalah milik rakyat Pacitan,”pungkasnya.

Video Festival Ronthek Pacitan Diharapkan Mampu Promosikan Budaya Daerah

No More Posts Available.

No more pages to load.