Sekda Pacitan Apresiasi FGD Data Long Form, Sebut Hasil Sensus Dipakai untuk Pengambilan Kebijakan Pemerintah

oleh -Dibaca 169 kali
Sekda Pacitan Heru Wiwoho Supardi Putra saat menghadiri kegiatan FGD BPS Pacitan pada Rabu (21/12/2022). (Foto: Putro Primanto/Pacitanku)

Pacitanku.com, PACITAN – Sekretaris Daerah (Sekda) Pacitan Heru Wiwoho Supardi Putra mengapresiasi kegiatan Focus Group Discussion (FGD) yang digelar oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Pacitan terkait data long form hasil sensus penduduk (SP) tahun 2020.

Kegiatan yang digelar pada Rabu (21/12/2022) di Para Teleng Ria itu adalah dalam rangka pra rilis hasil SP 2020 yang direncanakan akan dilaksanakan pada Januari 2023 mendatang.

“Atas nama pemerintah kabupaten Pacitan menyampaikan apresiasi kepada BPS sampai pada tahapan FGD hari ini dan Januari sudah bisa dipublikasikan. Nantinya hasil sensus tentunya akan menjadi masukan dan saran dengan hasil FGD 2020,”kata Heru saat ditemui awak media usai kegiatan tersebut.

Lebih lanjut, Heru menambahkan hasil sensus penduduk 2020 akan dipakai sebagai dasar pengambilan kebijakan pemerintah daerah. “Hasil sensus penduduk ini tentunya output akan dipakai sebagai pengambilan kebijakan pemerintah daerah, nanti akan kita lihat jumlah penduduk Kabupaten Pacitan” pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, BPS Pacitan segera merilis data long form hasil sensus penduduk (SP) tahun 2020 lalu pada awal tahun 2023 mendatang. Sebelum merilis data long form, BPS menggelar Focus Group Discussion (FGD) Data Long Form yang digelar pada Rabu (21/12/2022) di Parai Teleng Ria Pacitan.

“Sensus penduduk adalah sensus terbesar yang dilakukan BPS mencakup seluruh wilayah Indonesia dengan akhiran angka 0, terakhir tahun 2020,”kata Kepala BPS Pacitan Wisma Eka Nurcahyani dalam sambutannya.

Lebih lanjut, Wisma mengatakan untuk variabel yang dikumpulkan merupakan variabel pribadi meliputi beragam sektor pribadi hingga ketenagakerjaan.