Ketua DPRD Pacitan Harapkan OPD Sesuaikan Data dengan BPS Terkait Hasil SP 2020

oleh -Dibaca 91 kali
Ketua DPRD Pacitan Ronny Wahyono. (Foto: Putro Primanto/Pacitanku)

Pacitanku.com, PACITAN – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pacitan Ronny Wahyono mengharapkan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten Pacitan bisa menyesuaikan semua data dengan hasil sensus penduduk (SP) 2020.

Hal itu disampaikan oleh pria yang akrab disapa Ronny tersebut saat ditemui usai pelaksanaan focus Grub Discussion (FGD) BPS Pacitan dalam long form sensus penduduk 2020, baru-baru ini.

“Data-data yang ada saat ini dapat menyesuaikan data hasil sensus penduduk 2020 BPS Pacitan sebagai wujud satu data pemerintah, sehingga harapannya kedepan data-data yang ada saat ini di OPD-OPD dapat menyesuaikan data dari BPS Pacitan,”kata dia.

Secara khusus, Ronny sangat mengapresiasi kinerja BPS Pacitan yang mengadakan FGD sebelum dirilisnya data hasil long form Sensus Penduduk 2020 tersebut. “Terkait dengan sensus penduduk 2020 ini tentunya dapat menjadi satu data baik di pemerintahan daerah, OPD, maupun DPRD,”tandas dia.

Sementara Sekda Pacitan juga menegaskan jika nantinya output hasil FGD akan di pakai sebagai dasar pengambilan kebijakan pemerintah daerah.

“Hasil sensus penduduk ini tentunya output akan dipakai sebagai pengambilan kebijakan pemerintah daerah, nanti akan kita lihat jumlah penduduk Kabupaten Pacitan,”ujar dia.

Ia mencontohkan terkait distribusi penduduk, maka hasil sensus penduduk 2020 dapat terpetakan penyebaran di tiap-tiap kecamatan bahkan tingkat rumah tangga.

“Distribusi penduduk di Pacitan, komposisi di Pacitan, antara yang anak-anak berapa yang pemuda berapa kemudian yang sudah lanjut usia nanti akan terdeteksi di situ,”kata Sekda.

Terutama, kata dia salah satunya bisa melihat kelahiran dan kematian serta perpindahan penduduk, perhatian proyeksi penduduk serta karakteristik dan juga indikator lain untuk SDGS dapat dilihat berdasar hasil sensus tersebut.

“Tentu sangat berarti bagi pemerintah Pacitan tentunya sangat penting untuk ketetpatan sasaran pembangunan kita (pemkab) dan data yang dikeluarkan BPS ini tentu akan menjadi data dasar dan kita selaraskan menjadi satu data,”paparnya.

Sekda juga mengharapkan BPS dapat terus bersinergi dengan BPS Pacitan karena sebagian data sektoral sangat di butuhkan di OPD-OPD terkait.

“Selain itu manfaat sensus ini bisa digunakan untuk akademisi, media dll saya berharap BPS siap bersama OPD untuk menjamin kualitas data di Pacitan tentunya sangat penting untuk keberlanjutan pembangunan di Pacitan,”pungkasnya.