Peduli Lingkungan dan Jaga Kelestarian Mata Air, Ratusan Pendekar dan Relawan Gelar Aksi Tanam Pohon di Pringkuku

oleh -Dibaca 160 kali
AKSI PEDULI LINGKUNGAN. Ratusan peserta lintas organisasi menggelar aksi tanam pohon bersama pada Minggu (18/12/2022). (Foto: Sulthan Shalahuddin/Pacitanku)

Pacitanku.com, PRINGKUKU – Ratusan orang yang merupakan para anggota dari berbagai perguruan silat hingga para relawan menggelar aksi menanam pohon bersama di Desa Pringkuku, Kecamatan Pringkuku pada Minggu (18/12/2022).

Setidaknya sekitar 300 an orang dari beberapa perguruan yang ada di desa Pringkuku, seperti PSHT, IKSPI, IPSBI dan Tapak Suci. Selain dari perguruan silat, juga hadir relawan dari Seasolder, MDMC, PSS, Mapala Pasca Ponorogo, serta dari masyarakat umum ikut meramaikan acara yang diharapkan dapat membantu menjaga kelestarian mata air di desa Pringkuku.

Dalam kegiatan itu, masing-masing peserta mendapatkan setidaknya satu buah bibit tanaman dengan total 300 bibit yang disebar ke 16 titik mata air. Adapun bibit tanaman itu diantaranya ketapang, trembesi, sampai bibit pohon kelapa yang dibagikan.

Kepal Desa Pringkuku Jumari Hartono saat dikonfirmasi Pacitanku.com usai kegiatan menuturkan aksi sosial ini melibatkan perguruan pencak silat dan juga lintas organisasi yang diharapkan memberikan edukasi kepada masyarakat khususnya desa Pringkuku.

“Harapan kedepan aksi sosial akan memberikan edukasi kepada masyarakat khususnya masyarakat Desa Pringkuku untuk pengabdian terhadap masyarakat desa dan alam,”kata Jumari.

Lebih lanjut, Jumari juga mengapresiasi kegiatan solutif ini dalam rangka lebih bisa memahami sumber daya yang ada di Pringkuku.

“Kegiatan ini yang tepat dan solutif, dan harapan kami SDM yang bisa memahami dan menghayati Desa Pringkuku, selain itu ada nilai kebersamaan kerukunan antar organisasi dan kepedulian terhadap lingkungan,”pungkasnya.