Wabup Pacitan Apresiasi GMNI Gelar Seminar dengan Tema Budaya

oleh -Dibaca 942 kali
Wakil Bupati Gagarin saat menghadiri seminar GMNI pada Sabtu (12/11/2022). (Foto: Putro Primanto)

Pacitanku.com, PACITAN – Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (MNI) Komisariat Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Pacitan menyajikan gelaran seminar kebudayaan.

Seminar dengan tajuk “Budaya Pacitan Dalam Perspektif Kritis; Menggali Identitas Kultural Pacitan” di gedung Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Pacitan pada Sabtu (12/11/2022).

Acara pembukaan seminar dibuka langsung oleh Gagarin selaku Wakil Bupati Pacitan. Dalam sambutannya Ia menekankan bahwa generasi muda di masa sekarang harus mengetahui identitas kultural daerahnya.

“Saya ucapkan terimakasih untuk GMNI yang dalam hal ini telah menjadi inisiator terselenggaranya acara seperti ini, jarang-jarang ada sekelompok pemuda yang peduli dengan identitas asli daerahnya,”kata Gagarin.

Lebih lanjut, Gagarin berharap seminar yang digelar pleh GMNI Pacitan tersebut mampu menghasilkan pemikiran-pemikiran kritis.

“Tidak perlu takut apabila hasil dari seminar hari ini bertentangan dengan pemikiran lain karena pada dasarnya setiap masing-masing personal atau kelompok memiliki cara pandang sendiri-sendiri,”jelasnya.

Sementara, Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) GMNI Pacitan, Muhamad Tonis Dzikrullah dalam sambutannya menegaskan bahwa seminar ini diselenggarakan bukan untuk mengambil satu sikap sepakat mengenai jenis kebudayaan seperti apa yang nantinya akan dijadikan sebagai satu-satunya identitas kultural Pacitan.

“Tidak perlu risau, ini hanya wacana kaum pinggiran, forum ini kami hadirkan semata-mata sebagai wahana diskusi tentang identitas kultural yang ada di Kabupaten Pacitan dari prepektif kritisis,”ujarnya.

Seminar kebudayaan tersebut mendatangkan dua narasumber yakni Bakti Sutopo seorang pemerhati budaya dan Agoes Hendriyanto peneliti budaya. Keduanya merupakan dosen di kampus STKIP PGRI Pacitan. Peserta seminar berasal dari kalangan mahasiswa dan umum yang berasal dari berbagai instansi.