Ide Bisnis dari Rumah yang Bisa Anda Pilih untuk Penghasilan Tambahan

oleh -Dibaca 1,089 kali

Pacitanku.com — Bosan kerja kantoran dan ingin beralih bidang pekerjaan? Mengapa tidak mempertimbangkan memulai bisnis dari rumah? Bekerja dari rumah selama periode pandemi Covid-19 sudah menjadi tren yang sampai saat ini masih banyak dijalankan oleh jutaan orang. Terlepas apakah Anda berstatus sebagai karyawan tetap dengan pekerjaan full time, atau biasa bekerja dengan sistem freelance maupun part time, banyak cara untuk bisa tetap bekerja dari rumah.

Namun, ada juga bisnis yang bisa dimulai dari rumah. Bukan hanya dengan cara buka toko online, ada banyak ide bisnis yang bisa dicontoh untuk Anda bisa mendapatkan uang tambahan atau bahkan menjadi penghasilan utama dari keluarga Anda. Penasaran dengan ide bisnis dari rumah yang bisa Anda adopsi dan jalankan dengan segera? Yuk, simak semuanya di si bawah ini!

1. Menjadi asisten virtual

Beautiful Asia muslim lady casual wear working using laptop in modern new normal office. Working from home, remotely work, self isolation, social distancing, quarantine for coronavirus prevention. (foto: feepik.com)

Bagi yang punya kemampuan manajemen yang baik, tak ada salahnya mencoba bisnis dengan menjadi asisten virtual. Sebagai asisten virtual, Anda bisa membantu pemilik bisnis dan para eksekutif menangani sejumlah tugas operasional harian. Layanan yang bisa ditawarkan antara lain penulisan blog, manajemen media sosial, manajemen perjalanan dan manajemen pertemuan.

Modal yang dibutuhkan untuk menjadi asisten virtual juga tidak sulit. Anda hanya membutuhkan komputer dan koneksi internet serta kemampuan manajemen dan komunikasi yang baik.

2. Membuka toko online

Ilustrasi bisnis online. (Foto: freepik.com)

Ide bisnis yang ini menjadi tren di Indonesia. Banyak orang yang membuka toko online dengan banyak item barang yang dijual. Pilihan marketplace yang beragam juga menjadi hal tersendiri karena keunggulan dana karakteristik yang ditawarkan, termasuk di antaranya Blibli.

Sistem yang digunakan saat membuka toko online juga beragam, dari menjadi reseller hingga menjadi dropshipper. Anda tinggal menentukan memilih sistem yang mana, menyesuaikan dengan modal yang Anda miliki.

3. Agen penyalur pekerjaan

Ilustrasi agen penyalur pekerjaan. (Foto: freepik.com)

Tahukah Anda agen penyalur pekerjaan saat ini tidak hanya menyalurkan tenaga kerja, seperti buruh dan asisten rumah tangga (ART), tapi juga tenaga kerja profesional seperti admin media sosial bahkan peneliti? Anda tinggal membuka lowongan untuk mulai menyaring tenaga yang dibutuhkan, menyalurkannya ke perusahaan atau lembaga yang membutuhkannya. Untuk pendapatan, Anda bisa mendapatkan penghasilan melalui sistem komisi dari 10 hingga 20 persen dari pendapatan yang mendapatkan pekerjaan.

4. Tempat penitipan anak

Ilustrasi manager daycare. (Foto: freepik.com)

Banyak orang tua yang disibukkan dengan pekerjaan, yang akhirnya menjadikan anak-anak tanpa pengawasan yang serius. Hal ini bisa menjadi peluang tersendiri dengan membuka tempat penitipan dan perawatan anak. Terkait harga untuk jasa yang ditawarkan, Anda bisa menyesuaikan dengan layanan yang disediakan.

5. Menggelar kelas online

Ilustrasi kelas online. (Foto: freepik.com)

Anda memiliki ilmu pengetahuan dan kemampuan spesial yang bisa dijual ke khalayak yang membutuhkan? Jika iya, tidak ada salahnya untuk Anda mempertimbangkan menggelar kelas online dan membagi ilmu pengetahuan kepada publik yang tepat.

Banyak hal yang bisa ditawarkan. Untuk yang jago coding, Anda bisa menawarkan kemampuan tersebut ke orang yang juga belajar coding. Suka dengan yoga, tak ada salahnya membuka kelas yoga secara online. Yang paling penting adalah bagaimana Anda bisa menawarkan ke pasar yang tepat.

6. Membuka jasa katering dan kuliner

Ilustrasi pengusaha kuliner. (Foto: freepik.com)

Punya hobi memasak, Anda pun bisa mendapatkan pendapatan dengan menjual hasil masakan Anda. Baik itu kue, sayur, lauk atau yang lainnya, bisnis kuliner selalu memiliki pasar yang menjanjikan. Apalagi saat ini ada banyak platform untuk menjajakan hasil masakan dan kreasi kuliner rumahan Anda, termasuk di antaranya Blibli.

7. Konsultan profesional

Ilustrasi konsultan profesional. (Foto: freepik.com)

Setelah bekerja bertahun-tahun sebagai profesional, dan Anda tertarik membagi pengalaman dan pengetahuan yang Anda miliki dan mengubahnya menjadi uang, Anda bisa mempertimbangkan menjadi konsultan profesional. Jika Anda sebelumnya bergerak di bidang marketing, menjadi konsultan pemasaran bisa menjadi pilihan.

Pun demikian jika Anda sudah beberapa dekade bekerja di bidang konstruksi, menjadi konsultan konstruksi merupakan hal yang menarik untuk dilakukan. Yang terpenting adalah bagaimana Anda memahami dan mengetahui apa yang Anda lakukan untuk kemudian membaginya ke pihak lain yang membutuhkan.

8. Desainer website

Ilustrasi desainer website. (Foto: freepik.com)

Dengan semua bisnis mulai bergerak secara online, kebutuhan akan website pun meningkat. Tak sedikit yang kemudian berharap bisa menghadirkan website yang menarik perhatian, dan disitulah para desainer website mendapatkan ruang untuk berekspresi. Sebagai desainer website, Anda akan membantu dalam desain situs itu sendiri, atau bahkan membantu dalam coding.

9. Copywriter

Ilustrasi copywriter. (Foto: freepik.com)

Copywriter juga menjadi ide bisnis yang layak dipertimbangkan, terutama bagi mereka yang suka menuangkan kata-kata dalam tulisan yang menarik. Kamu bisa menawarkan layanan merangkai kata-kata yang tepat untuk iklan, landing pages website tertentu, newsletters dan produk tulisan lainnya yang bisa membantu dalam penjualan dan menarik perhatian klien.

10. Manajer media sosial

Ilustrasi manager media sosial. (Foto: freepik.com)

Menangani media sosial untuk membantu penjualan tidak bisa dilakukan sambil lalu. Dibutuhkan orang-orang yang tepat untuk tetap menjaga media sosial menjalankan tugas sebagaimana mestinya. Manajer media sosial pun bisa menjadi pilihan bisnis yang ditawarkan kepada perusahaan atau lembaga, yang tidak memiliki sumber daya yang tepat untuk menanganinya. Asyiknya, bisnis ini bisa dijalankan dari rumah.

Itulah beberapa ide untuk tetap cuan meskipun di rumah saja. Semoga membantu, ya!