Aktivis Lingkungan Pacitan Kampanyekan Gerakan Budaya Mencangkok

oleh -Dibaca 1,193 kali
Di Kabupaten Pacitan, sejumlah aktifis lingkungan, beramai ramai lakukan kegiatan gerakan budaya mencangkok pada Selasa (4/10/2022). (Foto: Julian Tondo)

Pacitanku.com, PACITAN – Mencangkok adalah cara menumbuhkan akar Pada batang tanaman,Biasanya mencangkok dilakukan dengan menggunakan cabang atau ranting yang tidak terlalu besar.

Dan mencangkok hanya bisa digunakan pada jenis tanaman dikotil atau berkeping dua.

Di Kabupaten Pacitan, sejumlah aktifis lingkungan, beramai ramai lakukan kegiatan gerakan budaya mencangkok.

Hal ini dilakukan sebagai bentuk kecil kegiatan sederhana dalam rangka menjaga kelestarian lingkungan yang bernilai ekonomis, karena beberapa tanaman yang dicangkok adalah tanaman buah.

“Niatan awal adalah ingin menanam tanaman buah di jalur pantai. Karena tidak ada bibit kemudian kami coba mencangkok tanaman jambu dan  ternyata berhasil. Bersama beberapa relawan kemudian kami coba cangkok lagi dan ketagihan,”kata aktivis lingkungan Kristanto Waluyo, Selasa (4/10/2022) di Pacitan.

Pak Kris, sapaan akrab Kristanto Waluyo menjelaskan, alangkah asyiknya jika masyarakat Kabupaten Pacitan semua ikut lakukan budaya mencangkok, karena dapat dipastikan dalam beberapa  waktu kedepan wilayah Pacitan akan bisa penuh dengan tanaman.

“Mencangkok sangat sederhana, simulasinya, ada sekitar 30 organisasi pemerintah daerah (OPD). Jika masing masing OPD tersebut perintahkan pegawainya  mencangkok tanaman di rumah masing masing satu tanaman saja. Maka bisa dihitung berapa bibit pohon siap tanam dalam satu bulan kedepan,”jelas Kris, ditengah aktifitasnya mencangkok.

Hal serupa juga disampaikan oleh Rizal Efendi dari komunitas KARINA Pacitan. Menurutnya, di sepanjang jalan pesisir pantai pancer, pasca pembangunan akses jalan, akan indah jika kanan kirinya terdapat tanaman buah seperti mangga atau jambu. Selain bisa menjadi greenbelt terhadap ombak pasang, juga bisa menjadikan pemandangan jalan yang penuh buah.

“Ya kan kelihatan bagus jika daerah sepanjang jalan tempat wisata seperti pantai ada tanaman buahnya. Dan tidak perlu beli bibit. Cukup ada kebijakan satu rumah Satu cangkok. Kan sederhana,”ungkapnya pada pewarta.

Para aktifis lingkungan tersebut berharap pemerintah daerah dalam hal ini Bupati Pacitan melalui dinas terkait dapat menerbitkan kebijakan untuk bisa menggerakkan kegiatan satu rumah atau satu pegawai OPD mencangkok, sehingga selain bisa menjaga kelestarian lingkungan juga dapat menumbuhkan nilai ekonomis.