Peringati World Pharmacy Days, IAI Pacitan Gelar Pemeriksaan Kesehatan Gratis

oleh -Dibaca 1,391 kali
IAI Pacitan menggelar kegiatan pemeriksaan Kesehatan gratis dalam rangka peringatan World Pharmacy Days 2022. Kegiatan itu digelar pada Ahad (25/9/2022) di Pasar Minulyo Pacitan. (Foto: Putro Primanto/Pacitanku.com)

Pacitanku.com, PACITAN – Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) Pacitan menggelar kegiatan pemeriksaan Kesehatan gratis dalam rangka peringatan World Pharmacy Days 2022. Kegiatan itu digelar pada Ahad (25/9/2022) di Pasar Minulyo Pacitan.

Ketua IAI Pacitan Nunuk Irawati menjelaskan dilakukannya kegiatan World Pharmacy Days digelar secara serentak di seluruh Indonesia setiap 25 September dengan mengusung tema “Apoteker bersatu dalam aksi menuju dunia yang lebih sehat.”

“Untuk kegiatan tahun ini, kita awali dengan senam sehat bersama, kemudian dilanjutkan dengan pemeriksaan kesehatan gratis dengan dukungan dinas kesehatan Pacitan,”kata Nunuk saat dikonfirmasi Pacitanku.com.

Untuk pemeriksaan kesehatan, Nunuk mengatakan pada tahun ini dikhususkan untuk penyakit diabetes melitus dan Tuberkolusis (TBC). “Kita dengan sasaran pemeriksaan 100 masyarakat,”tandas dia.

Secara khusus, Nunuk juga menjelaskan memilih Pasar Minulyo sebagai tempat peringatan karena pasar memilik magnet tempat kerumuman yang efektif. “Adapun jumlah anggota  IAI kabupaten Pacitan ada 64 orang, memilih tempat di pasar minulyo karena bagi kita di pasar merupakan pusat kerumuman,”tandasnya.

Selain pemeriksaan Kesehatan gratis, dalam peringatan ini IAI Pacitan juga menggelar ziarah ke tempat senior IAI Pacitan, Almarhum Rachmad Dwiyanto selalu ketua pertama IAI Pacitan.

Kegiatan baksos juga di lakukan guna mengenalkan masyarakat peran-peran Apoteker di masyarakat. “Kami sebagai apoteker, ada untuk masyarakat Pacitan, dan kami ingin berkontribusi aktif dalam menangani penyakit diabetes melitus dan paru-paru,”pungkasnya.