Direhab dengan Dana Rp3,5 M, Dinkop Rencanakan PLUT akan Jadi Rumah UMKM

oleh -Dibaca 1,321 kali
Gedung PLUT KUMKM Pacitan. (Foto: Dok. Pacitanmall)

Pacitanku.com, PACITAN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pacitan melalui Dinas Koperasi (Dinkop) dan UMKM saat ini melakukan renovasi gedung PLUT Pacitan.

Kepala bidang Usaha Mikro Dinkop dan UMKM Pacitan Muhammad Ali Mustofa, saat dikonfirmasi di sela-sela bazar di PLUT Pacitan baru-baru ini membenarkan saat ini Gedung tersebut sedang direnovasi dan ditargetkan selesai di bulan November 2022.

“Kalau PLUT kita renovasi sampai dengan hari ini baru 37 persen, untuk targetnya di bulan November selesai, untuk dana renovasi gedung PLUT ini menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar Rp3,5 miliar,”kata pria yang akrab disapa Ali ini.

Kedepan setelah Gedung baru PLUT jadi, Ali mengungkapkan nantinya PLUT itu nanti akan menjadi PLUT premium.

“Akan jadi PLUT premium atau the new PLUT, tidak hanya sarana prasarana dan gedungnya yang baru, tapi nanti pelayanannya juga meningkat,”ungkap pria yang juga pengusaha roti di Pacitan ini.

Pelayanan tambahan itu, kata dia, selain konsultasi bisnis dan pendampingan, juga akan ada standarisasi produk.

“Juga ada sertifikasi produk, ada inkubasi, sehingga PLUT juga akan diarahkan menjadi Lembaga inkubator, inkubator itu tidak hanya melakukan pelatihan, tapi juga mentoring mendampingi sampai dia scale up UMKM,”paparnya.

Lebih lanjut, Ali menyampaikan kedepan PLUT akan menjadi rumah bagi UMKM.

“Saya sudah sampaikan ke teman-teman UMKM,  mohon doanya kalau PLUT udah jadi ini jadi dengan sarpras yang baru ini menjadi rumahnya UMKM, UMKM silahkan datang diskusi, ngobrol, kongkow-kongkow disana silahkan. Terbuka, nanti ada galeri juga, produk-produk nanti kita tampilkan,”pungkasnya.