Bangkitkan UMKM, Mahasiswa KKN UGM Gelar “Bazar Tulakan” di Pantai Pidakan

oleh -Dibaca 2,095 kali
Bazar Tulakan itu digelar di kawasan wisata Pantai Pidakan, Desa Jetak, Kecamatan Tulakan pada Minggu (7/8/2022). (Foto: Meilisa Tria Hapsari/PKL STKIP PGRI Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN – Tak kurang dari 30 mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) dari Universitas Gadjah Mada (UGM) mengadakan bazar Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM)  dengan tajuk “Bazar Tulakan.”

Kegiatan ini digelar untuk membantu meningkatkan pemasaran UMKM di Desa Jetak dan Nglaran, Kecamatan Tulakan, Kabupaten Pacitan.

Bazar Tulakan itu digelar di kawasan wisata Pantai Pidakan, Desa Jetak, Kecamatan Tulakan pada Minggu (7/8/2022).

Kegiatan itu merupakan kolaborasi antara mahasiswa KKN di Desa Jetak yang bekerja sama dengan Pengelola Pantai Pidakan dan diikuti oleh 16 pegiat UMKM di Desa Jetak dan Desa Nglaran.

Salah satu mahasiswa KKN UGM Pembayun Putri Purwanti saat dikonfirmasi Pacitanku.com di sela-sela acara bazar Tulakan mengatakan bahwa permasalahan utama UMKM di Desa Jetak dan Desa Nglaran adalah terkait pemasaran produk.

“Awalnya, setiap mahasiswa KKN diberikan kesempatan mendirikan 5 proker individu. Disini, permasalahan utamanya terkait pemasaran. Jadi kenapa dibuat bazar Tulakan, itu untuk membantu UMKM sebagai sarana promosi dan untuk mengumpulkan warga-warga di sini,”kata perempuan yang akrab disapa Ayuk itu.

Putri juga berharap setelah acara bazar Tulakan ini, masyarakat bisa melanjutkan program dari mahasiswa KKN sehingga kedepannya bisa membuat bazar di event-event yang lain.

“Harapannya, setelah acara kami ini, warga-warga bisa melanjutkan program kerja kami mengadakan bazar di event-event lainnya sehingga UMKM di sini bisa berkembang lagi,”imbuhnya.

Bazar Tulakan ini menjual berbagai macam produk UMKM, seperti es degan, gula jawa, gado-gado, keripik, kopi, bakso bakar, siomay, pempe, batagor, pakaian, serta jajanan ringan seperti risol dan kue putu.

Rina, salah satu pegiat UMKM berharap setelah adanya acara ini produk cateringnya bisa diketahui dan lebih dikenal oleh masyarakat luas.

“Acara ini sangat membantu banget. Kita bisa memperkenalkan produk kita, orang jadi tahu produk kita. Saya kan di catering, jadi orang tahu kalau saya itu buka catering dan tahu bagaimana rasa produk-produk saya,”kata dia. 

Selain itu, senam dan tari tayub  juga ditampilkan untuk menambah semaraknya acara.

Acara ini dihadiri oleh Kepala Desa Jetak beserta perangkatnya, mahasiswa KKN UGM sebanyak 30 mahasiswa, dan pengunjung Pantai Pidakan sendiri yang diperkirakan sekitar 500 orang.

No More Posts Available.

No more pages to load.