Esport Pacitan Gelar Kualifikasi Jaring Atlet Berbakat untuk Porprov Jatim 2022

oleh -Dibaca 539 kali
Esport Kabupaten Pacitan Jaring Atlet Berbakat untuk Porprov Jatim 2022. (Foto: Putro Primanto)

Pacitanku.com, PACITAN – Pengurus Cabang (Pengcab) Esport Indonesia (ESI) Kabupaten Pacitan menggelar kualifikasi untuk menjaring atlet-atlet berprestasi yang disiapkan pada Porprov Jatim 2022. Kualifikasi dilakukan sejak tanggal 1 – 3 Juni 2022.

Ketua Umum ESI Kabupaten Pacitan Rio Ardian Permana mengatakan bahwa kualifikasi digelar secara offline selam 3 hari dengan 3 Divisi yaitu PUBG, MLBB dan FF.

“Kabupaten Pacitan memiliki  gamers dan atlet profesional di bidang Esport, dan saat ini kami terus melaksanakan sosialisasi dan penjaringan atlet-atlet berbakat yang bisa berkiprah di tingkat Daerah hingga Nasional,”ujarnya usai membuka Kualifikasi Porprov Jatim di Lokrap Cafe, Rabu (1/6/2022) malam.

Lebih lanjut dia mengatakan, dalam Kualifikasi atlet Esport Kabupaten Pacitan ada tiga kategori permainan yang akan dipertandingkan. Yakni, Mobile Legends, PUBG dan Free Fire.

“Mereka yang lolos seleksi daerah, akan dikirimkan mewakili Kabupaten Pacitan pada pertandingan Eksibisi Esport Porprov 2022 yang akan digelar di Jember,”tambah pria yang akrab di sapa Tyo tersebut.

Menurutnya, potensi atlet Esport di Kabupaten Pacitan sangat baik, Antara lain, Kabupaten Pacitan memiliki sejumlah atlet yang telah berprestasi hingga ke tingkat nasional. Salah satunya dia menyebutkan adalah atlet SMA 271 Pacitan yang berhasil menjadi Juara II di tingkat Jawa Timur dan nasional.

“Atlet SMA 271 ini salah satu dari beberapa atlet di Kabupaten Pacitan yang telah berprestasi hingga ke tingkat Nasional, dan ini merupakan kebanggaan kita karena membawa nama baik Kabupaten dan Provinsi,”kata Tyo.

“Walau dalam Porprov Jatim 2022 ini Esport masih Eksebisi dan pendanaan belum di tanggung dari KONI Pacitan namun kami tetap akan mengirim atlet secara swadaya,ini sebagai bukti kepada Pemkab dan KONI bahwa Esport Pacitan bisa membawa nama baik Kabupaten di Porprov,”imbuhnya.

Sementara itu secara terpisah, Pembina ESI Kabupaten Pacitan, Ronny Wahyono menambahkan bahwa pembinaan dini atlet Esport di Kabupaten Pacitan akan dilakukan secara konsisten dengan harapan mampu mencetak generasi muda berkualitas bidang Teknologi Informasi.

“Pembinaan berkala dari ESI Kabupaten Pacitan saya harapkan bisa menghasilkan pemuda yang berprestasi dan mampu mengharumkan nama bangsa di masa depan,’’tambahnya.

Dia mengatakan, dengan dilakukan penjaringan melalui kualifikasi yang dilakukan ESI Kabupaten Pacitan diharapkan semakin banyak memunculkan atlet-atlet Esport berkualitas.

Dalam kualifikasi tersebut di ikuti tiga divisi yaitu Mobile Legend 32 Tim, PUBG 11 Tim dan Free Fire 13 Tim.