Peringati Hari Menggambar Nasional, Puluhan Pelukis Gelar Pameran di Pacitan

oleh -Dibaca 652 kali
Pacitan Drawing Community, dan beberapa pelaku seni rupa, menggelar pameran lukisan bertajuk PACITANIAN, di Pranoto galery and art. (Foto: Julian Tondo)

Pacitanku.com, PACITAN – Pacitan Drawing Community, dan beberapa pelaku seni rupa, menggelar pameran lukisan bertajuk PACITANIAN, di Pranoto galery and art, lingkungan Pancer Kabupaten Pacitan.

Gelar pameran lukisan ini dilakukan dalam rangka turut serta mendeklarasikan hari menggambar nasional yang jatuh pada 2 Mei 2022 kemarin.

Karena bertepatan dengan perayaan hari raya Idul Fitri, kemudian peringatan dan deklarasi hari menggambar nasional ini dilakukan serentak pada 14 Mei 2022.

“Hari ini adalah deklarasi pertama peringatan hari menggambar nasional. Yang kebetulan bersamaan dengan peringatan hari pendidikan nasional,”kata Kus Hervica, perupa dan pengurus Dewan Kesenian Pacitan komite seni rupa, Sabtu (14/5/2022).

Peringatan hari menggambar nasional kali  pertama ini diikuti serentak oleh komunitas perupa di 250 daerah di  Indonesia.

Di Pacitan, Pameran lukisan  peringatan hari menggambar nasional, dilakukan mulai dari tanggal 14 Mei hingga tanggal 22 Mei 2022. Dan dibuka secara resmi oleh bupati Pacitan, Indrata Nur Bayuaji.

“Semoga ini bisa menjadi pemicu untuk bangkitnya iklim senirupa yang baik dipacitan. Menjaga semangat untuk tetap konsisten itu sulit. Dan semoga pameran ini adalah semangat baru untuk tetap konsisten,”kata mas Aji ( sapaan akrab Bupati) saat dialog dengan pelaku seni rupa Pacitan.

Sementara itu, dewan kesenian Pacitan, juga berharap. Bahwa bukan hanya seni rupa saja yang bisa terus intens dalam meggelar pertunjukan karya.tapi bidang bidang seni lain juga bisa muncul.

“Allhamdulillah antusias dari teman teman perupa Pacitan sangat luar biasa. Pameran ini diikuti oleh kurang lebih 30 pelukis Pacitan, mulai dari yang junior Sampai dengan pelukis yang telah memiliki nama secara nasional,”kata ketua Dewan Kesenian Pacitan, Khoirul Amin.