Kadisparpora: Kunjungan Naik Drastis, Pariwisata Pacitan Sumbang PAD 20 Persen Selama Libur Lebaran

oleh -Dibaca 373 kali
RAMAI. Pantai Watukarung Kecamatan Pringkuku ramai dipadati pengunjung pada Libur Lebaran. (Foto: Dokumentasi Ellza for Pacitanku)

Pacitanku.com, PACITAN – Kunjungan wisatawan di semua destinasi wisata di Kabupaten Pacitan mengalami kenaikan drastis pada masa libur dan cuti Lebaran tahun 2022. Hal itu diungkapkan oleh Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Pacitan Turmudi saat berbincang dengan awak media pada Senin (9/5/2022) di Pacitan.

“Kunjungan wisata meledak, yang tahun sebelumnya tutup total, dan ini kunjungan naiknya hampir 100 persen lebih, luar biasa, kita memperhitungkan capaian PAD nya sampai saat ini sudah 48 persen, dan khusus libur Lebaran ini ini PAD sektor pariwisata naik sebesar 20 persen,”kata Turmudi.

Atas raihan membanggakan itu, Turmudi mengapresiasi kerja keras semua pihak dalam torehan kenaikan PAD sektor pariwisata yang naik drastis tersebut.

“Kami mengapresiasi mereka, para pegawai dan utamanya yang di lapangan, yang sudah bekerja kerjas tidak kenal lelah, tidak kenal waktu, mereka berjibaku, di saat yang lain libur, bagaimana caranya mengejar target PAD kita, jadi jangan sampai momen-momen yang seperti ini dibiarkan, mereka semaksimal mungkin menggunakan momen ini dengan cara mereka sendiri, dengan tidak memandang waktu, semua cara upaya, semuanya bekerja,”jelasnya.

Turmudi mengatakan, capaian ledakan kunjungan tersebut, utamanya di 9 destinasi kawasan wisata yang dikelola Pemkab Pacitan tidak mungkin tercapai tanpa kerja keras para petugas yang bekerja di lapangan dibawah naungan Disparbudpora Pacitan.

Kepala Disparbudpora Pacitan Turmudi. (Foto: Sulthan Shalahuddin/Pacitanku.com)

“Terutama di kawasan 9 destinasi itu, saya sangat mengapresiasi, alhamdulillahnya tidak ada kecelakaan di kawasan kita (yang dikelola Pemkab), kalau menimbulkan ketidaknyamanan, macet, itu wajar,”ujarnya.

Dari 9 destinasi wisata yang dikelola Pemkab, Turmudi mengakui Pantai Klayar masih menjadi primadona kunjungan wisatawan. Terbukti, kata Turmudi, pantai yang terletak di Desa Sendang, Kecamatan Donorojo itu masih memegang rekor tertinggi kunjungan terbanyak selama libur Lebaran tahun ini.

“Pada H-3 Lebaran, ada pengunjung tapi tidak banyak, kemudian pada waktu hari raya, itu sorenya lumayan banyak, kemudian hari kedua Lebaran itu cukup tinggi, hari ketiga atau hari rabu agak tinggi, dan puncaknya hari Kamis tinggi sekali, selanjutnya hari Jumat agak turun kunjungannya, dan tinggi lagi pada hari Sabtu,”pungkas Turmudi.

No More Posts Available.

No more pages to load.