Ketua DPRD Pacitan: Minyak Kelapa Bisa Jadi Salah Satu Solusi Mahalnya Migor Sawit

oleh -Dibaca 401 kali
Ketua DPRD Pacitan Ronny Wahyono. (Foto: Sulthan Shalahuddin/Pacitanku.com)

Pacitanku.com, PACITAN – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pacitan Ronny Wahyono menyebut melimpahnya kelapa di Pacitan bisa menjadi salah satu solusi untuk mengatasi mahalnya harga minyak goreng sawit pasca dicabutnya Harga Eceran Tertinggi (HET) oleh Pemerintah Pusat.

“Di satu sisi lagi ketika kita harus menggoreng, kita gunakan bahan bukan minyak kelapa sawit tapi minyak kelapa,”kata Ronny Wahyono, Kamis (24/3/2022) di Pacitan.

Ronny mengatakan, dirinya sudah meninjau langsung proses pembuatan minyak kelapa di Desa Tamanasri, Kecamatan Pringkuku.

“Alhamdulillah saya sudah ke Tamanasri Pirngkuku, melihat langsung proses pembuatan minyak kelapa, dan ternyata cukup mudah itu bisa dilakukan oleh masyarakat,”ujar dia.

Selain daripada sisi ekonomisnya yang sama dengan minyak goreng kelapa sawit, Ronny mengatakan minyak kelapa juga lebih sehat.

“Dari sisi keshetannya lebih sehat minyak kelapa, karena minyak goreng sawit sebetulnya kan mengandung lemak trans yang tidak dapat diolah oleh tubuh,”ujar politikus Partai Demokrat (PD) Pacitan ini.

Sementara minyak kelapa, bisa banyak manfaat Kesehatan yang diperoleh.

“Kalau minyak kelapa menurut keterangan dari mbah-mbah di Tamanasri, itu lebih sehat, lebih organik, lalu yang kedua juga Ketika ibu hamil minum minyak kelapa itu bisa memperlancarkan persalinannya, yang ketiga bisa juga buat kerokan, sehingga penggunaannya juga banyak manfaatnya,”jelasnya.

Sehingga, kata Ronny, Pemerintah harus tanggap kira-kira solusi mana yang tepat diterapkan melihat kondisi mahalnya minyak goreng di pasaran.

“Disinilah peran pemerintah desa, pemerintah kecamatan atau kabupaten harus tanggap, kira-kira solusi mana yang tepat, karena tidak semua masyarakat itu tidak bisa satu solusi untuk masyarakat, mungkin di daerah yang banyak kelapanya langsung digerakkan untuk membuat minyak kelapa,”pungkasnya.

Video Minyak Kelapa Jadi Alternatif Minyak Goreng, Ada Blondo-nya Juga