Puluhan Pekerja Seni di Pacitan Kampanyekan Pancasila Lewat Mural

oleh -Dibaca 893 kali
26 pekerja seni dari berbaagai kota ikuti lomba muralart #1 yang diselenggarakan oleh Kodim 0801/Pacitan Sabtu (19/3/2022). (Foto: Julian Tondo/Pacitanku.com)

Pacitanku.com, PACITAN – Banyak cara untuk memberikan edukasi dan sosialisasi tentang pentingnya menanamkan nilai luhur Pancasila, salah satunya adalah dengan lomba melukis dinding  atau dikenal dengan mural.

Sedikitnya ada 26 pekerja seni dari berbaagai kota ikuti lomba muralart #1 yang diselenggarakan oleh Kodim 0801/Pacitan.

Lomba muralart ini diselenggarakan seiring dengan kegiatan pembentukan kampung Pancasila yang diselenggarakan secara nasional di berbagai kota kabupaten.

“Giat kampung Pancasila ini adalah usaha kami untuk kembali menumbuhkan pentingnya makna dan nilai dalam butir butir Pancasila. Sebagai dasar negara,”kata Komandan Kodim 0801/Pacitan Letkol Kav Ibnu Khazim, Sabtu (19/3/2022).

Sementara  ketua pelaksana lomba muralart #1 Yulian mengatakan ini adalah sebagai salah satu bentuk apresiasi dan edukasi dari pekerja seni untuk masyarakat melalui media gambar.

“Lomba ini sebagai sarana interpretasi terhadap nilai Pancasila melalui seni gambar . Harapannya dengan lomba ini selain bisa menjadi sarana slilahturahni antar pekerja seni, juga sebagai media belajar. Bahwa untuk memberikan pengetahuan bisa menggunakan banyak cara sperti halnya lomba mural ini,”jelasnya.

Acara lomba muralart #1, diikuti oleh 26 peserta dari Magelang, Bantul, Trenggalek, Ponorogo, Malang dan Pacitan.

Lomba muralart #1 yang digelar pada Sabtu dan Minggu, tanggal 19 Sampai 20 Maret 2022 ini  harapannya bisa menjadi agenda rutin untuk dijadikan media penyampaian pesan tema melaui seni.