Menikmati Wisata Kuliner Tempo Dulu Bonus Pemandangan Indah di Kali Klepu Karanganyar Kebonagung

oleh -Dibaca 4.305 kali
Wabup Gagarin saat berkunjung ke warung di wisata kuliner Kali Klepu Karanganyar. (Foto: Sulthan Shalahuddin/Pacitanku.com)

Pacitanku.com, KEBONAGUNG – Sejumlah Pemerintah Desa (Pemdes) di Kabupaten Pacitan terus bergeliat memunculkan potensi wisata baru di masing-masing desanya. Salah satu yang terbaru adalah Desa Karanganyar, Kecamatan Kebonagung, yang meluncurkan pasar wisata kuliner tempo dulu Kali Klepu.

Pasar wisata kuliner tempo dulu Kali Klepu memiliki konsep tradisional. Sejak awal transaksi, pengunjung harus menukar uang dengan koin yang terbuat dari tempurung kelapa, dengan harga satu koin dibanderol Rp2000. Koin dari tempurung itulah yang bisa digunakan pengunjung berbelanja makanan tradisional.

Tidak hanya makanan tradisional yang dijual, bangunan warung serta pakaian pedagang yang menjajakan makanan pun dibuat dengan konsep klasik tempo dulu. Selain itu, para wisatawan yang berkunjung kesini juga mendapatkan bonus spot foto menarik di Kali Klepu.

Stand kuliner Pasar Kuliner Tempo Dulu Kali Klepu Kebonagung. (Foto: Sulthan Shalahuddin/Pacitanku.com)

Peluncuran destinasi wisata bertema klasik tersebut pada Senin (21/2/2022) dihadiri langsung oleh Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji dan Wakil Bupati Pacitan Gagarin. Tak butuh waktu lama untuk diserbu pengunjung, usai diluncurkan, ratusan pengunjung pun memadatai obyek wisata baru di Pacitan ini.

Kepala Desa Karanganyar Pipit Handoko saat dikonfirmasi awak media usai kegiatan launching wisata Kali Klepu menyebut awalnya pihak Pemdes melihat potensi alam yang ada di wilayah Kebonagung selatan belum banyak terekspos.

“Kita menangkap (peluang wisata) ini karena melihat potensi alam yang ada pada umumnya di kebonagung selatan banyak yang belum terekspos, karena pertama memang kondisi wilayah geografinya, maka kami membuka ini sebenarnya kami berharap ini sebagai rest area wisatawan yang ingin menuju ke tempat wisata yang lain,”kata Pipit.

Bangunan klasik di pasar wisata kuliner Kali Klepu Kebonagung. (Foto: Sulthan Shalahuddin/Pacitanku.com)

Pipit mengakui, ide awal dari pasar wisata kuliner Kali Klepu ini dengan memanfaatkan alam yang ada di sekitar JLS yang nantinya bisa berdampak positif bagi masyarakat. “Awalnya ide ini dari rekan-rekan muda muda dan tokoh masyarakat yang ada disini,”tandasnya.

Lebih lanjut, Pipit mengungkapkan pasar wisata kuliner Kali Klepu ini buka setiap harinya. Dimana saat weekend atau akhir pekan, Kawasan kuliner tersebut buka dari pukul 6.30 sampai pukul 17.00 WIB.

“Itu menu kulinernya full, kenapa kita buka pagi, yang pertama kalau pagi biasanya ada orang gowes, ada tamu dari luar kota yang kepningin sarapan menu tradisional,”jelasnya.

Sementara, untuk hari-hari biasa, Pipit mengungkapkan pihaknya membuka wisata pasar kuliner Kali Klepu tersebut mulai pukul 14.00 WIB sampai pukul 23.00 WIB.

“Di setiap buka itu khususnya hari libur, kita juga ada event-event yang kita tampilkan adalah seni tradisional, termasuk rontek yang menjadi khas pacitan, karawitan, tari-tarian, pokoknya benar-benar seni tradisonal, sementara jika kalau hari-hari biasa kita buka panggung kita siapkan peralatan itu, ada gamelan, ada alat musik, bisa dimanfaatkan oleh pengunjung oleh rombongan misal mau bermain,”jelas dia.

Souvenir yang dijual di Pasar Kuliner Tempo Dulu Kali Klepu. (Foto: Sulthan Shalahuddin/Pacitanku.com)

Pipit mengungkapkan kawasan wisata ini masih dalam progress pembangunan 50 persen. Kedepan pihaknya juga akan menambah sejumlah wahana wisata, seperti wahana wisata air yang bisa digunakan untuk pemancingan air tawar, yang langsung dengan alam.

“Juga, ada main air untuk anak-anak, tentunya spot-spot selfi disitu yang banyak diminati oleh kalangan kawula muda,”ujarnya.

Pipit berharap, dengan dibukanya Kawasan wisata pasar kuliner Kali Klepu ini bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Khususnya disini adalah yang kita berdayakan disini adalah ibu-ibu rumah tangga, untuk tambahan penghasilan keluarga,”pungkasnya.

Video Menikmati Wisata Kuliner Tempo Dulu Bonus Pemandangan Indah di Kali Klepu Karanganyar Kebonagung

No More Posts Available.

No more pages to load.